62% Kemiskinan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

SEMARANG, suaramerdeka.com – Banyaknya korban meninggal dunia, luka berat, dan cacat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat yang menyebabkan pemiskinan. Secara nasional, tercatat 62% keluarga jatuh miskin setelah salah satu anggota keluarganya meninggal karena kecelakaan. Secara nasional, kerugian akibat kecelakaan lalu lintas mencapai Rp 205-210 trilyun setiap tahunnya.

Berdasarkan kenyataan itulah, Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng bertekad mengurangi angka kecelakaan hingga 50%.

“Korban kecelakaan pasti memerlukan biaya besar untuk rumah sakit jika luka. Belum lagi kalau kepala keluarga meninggal. Maka mata pencaharian akan hilang, inilah yang menyebabkan pemiskinan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes M Naufal Yahya, Jumat (2/12).

Ditlantas juga mempersiapkan berbagai program untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan. Di Indonesia, menurut Naufal, kematian akibat kecelakaan sangat besar, yakni sekitar 30 ribu orang setiap tahun. “Di semarang perkiraan saya sekitar 5 ribu,” kata Ditlantas yang belum ada sebulan menjabat ini.

Mantan Kabag Kamsel Korlantas Polri itu membuat langkah-langkah berdasarkan instruksi Polri melalui Program Nasional Dekade Aksi Keselamatan. Program yang di-launching 20 Juli lalu oleh Wakil Presiden Budiono itu merupakan resolusi WHO untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di dunia 2011-2020.

Program tersebut mempunyai lima pilar yang harus diperhatikan. Yakni manajemen keselamatan, rekayasa jalan, kendaraan, peningkatan kesadaran dan kemampuan manusia dalam berkendara serta respon setelah kejadian kecelakaan.

“Kita akan mulai dengan membuat data base kecelakaan; dari angka kecelakaan, korban, kerugian, faktor penyebab, semuanya. Tanpa data yang benar kita tidak bisa buat rencana startegis,” tukasnya. ( Anton Sudibyo / CN33 / JBSM )

[Diambil dari http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/12/02/103248/62-Kemiskinan-Akibat-Kecelakaan-Lalu-Lintas]

About these ads

One thought on “62% Kemiskinan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

  1. Ping-balik: Pentingnya Proteksi Kecelakaan | Allianz Syariah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s