Perbedaan Unit Link dengan Endowment (Dwiguna)

  1. Dipandang dari segi tujuan, unit link bertujuan mendapatkan proteksi jiwa dengan hasil investasi sbg bonusnya, di mana fungsi pokok investasi terutama untuk menjaga kelangsungan asuransi sampai masa berlakunya berakhir. Sedangkan endowment bertujuan mendapatkan jaminan sejumlah dana di masa depan dengan dilindungi proteksi jiwa untuk memastikan dana tsb tetap diperoleh. Endowment lazim digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun.
  2. Uang pertanggungan (UP) jiwa pada unit link bisa dibuat lebih besar daripada UP jiwa pada endowment. Begitu pula UP rider-ridernya, unit link lebih besar.
  3. Rider unit link lebih banyak dan variatif dibandingkan endowment. Pada endowment, disarankan tidak mengambil rider karena selain UP-nya kecil, jaminan nilai tunai yg menjadi tujuan utama pun bisa berkurang.
  4. Nilai tunai pada unit link berupa hasil investasi, nilai tunai pada endowment merupakan tabungan. Besarnya hasil investasi tidak dijamin, besarnya tabungan dijamin. Tetapi hasil investasi bisa jauh lebih besar daripada nilai tabungan, meski juga bisa rugi.
  5. Pada endowment, karena jumlah dana sudah ditentukan dari awal, maka nilai tunai tsb besar kemungkinan tak akan mampu menahan inflasi (time value of money; nilai uang terhadap waktu). Jumlah yang dianggap besar pada masa kini, pada masa mendatang akan berkurang nilainya. Pada unit link, karena dananya diinvestasikan, maka hasilnya bisa lebih besar daripada tingkat inflasi. Investasi (baik pada benda riil maupun surat berharga) adalah satu-satunya cara menangkal inflasi, meski, harus diakui, mungkin pula gagal. []
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Jiwa, Unit Link dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Perbedaan Unit Link dengan Endowment (Dwiguna)

  1. Ima Fatimah berkata:

    poin no. 3, di unit link apakah dgn menambah rider spt biaya rawat inap dll tidak akan mengurangi nilai tunai/hasil investasi?

    Suka

    • Asep Sopyan berkata:

      Salam, terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya. Ya, betul, menambah rider akan mengurangi nilai tunai/investasi. Kenapa tidak saya tulis di atas, karena nilai tunai bukan tujuan utama asuransi unit link. Tujuannya adalah proteksi jiwa dan risiko-risiko lainnya tergantung rider yang diambil. Demikian.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s