Nilai-Lebih Allianz

Beberapa waktu lalu di televisi sering terlihat iklan asuransi yang menawarkan “nilai-lebih”. Apakah nilai-lebih itu?

Nilai-lebih bisa menyangkut kualitas produk, pelayanan (pra dan purnajual), kemudahan klaim, dan reputasi perusahaan. Allianz memiliki semua itu, dan soal reputasi, Allianz masuk peringkat 20 dalam 2000 perusahaan terbesar dunia versi Forbes (April 2011). Ini peringkat tertinggi di kategori perusahaan asuransi.

Tapi bagi saya, yang memilih Allianz sebagai nasabah lalu sbg agen, nilai-lebih itu terutama berkaitan dengan sesuatu di luar urusan ekonomi dan kalkulasi keuntungan. Sekadar sharing kenapa saya memilih Allianz:

Pertama, Allianz rajin mendukung kegiatan olahraga. Jika anda menonton siaran langsung F-1, logo Allianz akan tampak di latar belakang mobil-mobil balap yang melesat. Jika anda penggemar bola, pasti tidak asing dengan stadion Allianz Arena yang menjadi markas klub Bundesliga Bayern Muenchen. Stadion paling indah sedunia ini pertama kali digunakan di Piala Dunia Jerman 2006. Allianz juga mensponsori golf, paralimpik (olahraga untuk orang cacat), dan klub-klub sepakbola Jerman yang sesekali main ke Indonesia.

Jadi sponsor olahraga boleh dikatakan beriklan juga, tapi iklan yg lebih bermanfaat dan cerdik ketimbang sekadar beriklan di TV.

Kedua, Allianz memiliki komitmen yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup. Kantor pusat Allianz Life Indonesia bertempat di Allianz Tower, satu dari sedikit gedung di Jakarta yang menerapkan konsep ESD (Environmental Sustainable Design). Allianz bersama beberapa perusahaan besar lain ikut menandatangani Deklarasi Tokyo dlm program Climate Savers WWF. Allianz juga bekerja sama dengan Yayasan Kehati (Keanekaragaman Hayati) membuka program Green Fund (dana utk mendukung perusahaan yg memproduksi produk dan teknologi ramah lingkungan). Lalu Allianz pun berinvestasi (bukan sekadar berpartisipasi dengan membeli sertifikat karbon) dalam program REDD (Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation). Salah satu lokasi program REDD Allianz adalah Indonesia. Dengan bergabung di Allianz, saya merasa telah ikut berperan dalam penyelamatan hutan-hutan di Indonesia dan dunia. Dana yang digunakan untuk investasi REDD dan lain-lain, dari mana lagi jika asal-muasalnya bukan dari nasabah?

Allianz secara global fokus pada konsep pengurangan CO2 (CO2 Reduction), dan di Indonesia, program ini salah satunya diwujudkan dalam bentuk penanaman dan pemeliharaan pohon. Pada 2010, Allianz mengadopsi 140 pohon di hutan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Pada tahun 2011, bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia (21 November), Allianz menanam 1000 pohon trembesi di kawasan industri Jababeka, Cikarang-Bekasi. Pohon trembesi dipilih karena kemampuannya menyerap 28,5 ton CO2 per pohon per tahun, menurunkan suhu udara 3-4 derajat celcius, dan daya tahan hidupnya 100 tahun lebih.

Dengan segala kepedulian pada lingkungan ini, tak heran jika saham Allianz tergolong “saham hijau” dan mendapat peringkat sangat baik dalam Dow Jones Sustainability Index, yaitu perusahaan dengan performa sangat baik terhadap lingkungan.

Ketiga, Allianz punya kepedulian tinggi terhadap problem kemanusiaan. Allianz Indonesia, lewat Yayasan Allianz Peduli, beberapa kali mengadakan baksos di lokasi bencana alam, rutin mengadakan program donor darah di berbagai kota, membangun sebuah SDN di Aceh sekaligus membuka program orangtua asuh utk anak-anak di SD tsb, dll.

Keempat, Allianz menyediakan produk syariah yang memastikan dana nasabah tidak akan diinvestasikan di bidang usaha riba (sprt bank konvensional), judi, miras, dan rokok. Digabung dengan keterlibatan Allianz pada kampanye perubahan iklim, dana nasabah juga dipastikan tidak akan ditaruh di saham perusahaan-perusahaan yg merusak lingkungan.

Masih banyak nilai-lebih lain yang dimiliki Allianz. Saya hanya tahu sedikit, dan sudah saya bagikan di atas. Semua informasi ttg nilai-lebih Allianz ini bisa dibaca di website Allianz Indonesia, http://www.allianz.co.id. Ada juga dari newsletter Allianz. Dan sebagian lagi sy dapat lewat Google dg kata kunci “Allianz dan perubahan iklim”.

Demikian. []

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan Pribadi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Nilai-Lebih Allianz

  1. Ping balik: Mengapa Saya Jadi Agen Asuransi dan Mengapa Allianz | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  2. Ping balik: Great Moments with Allianz: Aneka Hadiah untuk Nasabah | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s