2 Tahun yang Luar Biasa bagi Allianz Peduli

Di bulan Februari ini, memeriahkan ulang tahun ke dua Yayasan Allianz Peduli, Allianz Indonesia menggelar bulan CSR dengan beragam aktifitas seperti pameran Lukisan Anak, Donor Buku, kelas Financial Literacy (FL), training Pengurangan Risiko Bencana (DRR), Donor darah di empat kota (Jakarta, Medan, Semarang dan Bandung) dan peluncuran mobil perpustakaan keliling/Mobil Cerdas Allianz yang baru.

Hari ini, sebagai puncak dari bulan CSR, Allianz Peduli meluncurkan mobil perpustakaan yang baru yang diberi nama Mobil Cerdas Allianz. Mobil ini melengkapi dua mobil yang telah melayani wilayah Jakarta lebih dari tiga tahun dan Yogyakarta sejak tahun lalu. Mobil Cerdas Allianz mengunjungi sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas perpustakaan dan komunitas ekonomi lemah di pelosok Jakarta dan sekitarnya. Semua mobil perpustakaan keliling Allianz dioperasikan bekerjasama dengan Yayasakan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI).

“Dengan Mobil Cerdas Allianz yang baru ini , kami memperkuat komitmen untuk menyediakan akses buku-buku bacaan berkualitas bagi anak-anak keluarga ekonomi lemah dan memperkaya mereka dengan informasi terkini melalui fasilitas baru berupa koneksi internet dan multi media,” ujar Joachim Wessling, CEO & Country Manager Allianz Life Indonesia.

Melalui program CSR dalam bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup, Allianz Peduli telah menjangkau lebih dari 10.000 anak usia sekolah, membantu pemberdayaan lebih dari 10 komunitas masyarakat dan menanam 1.000 pohon dalam periode dua tahun keberadaannya.

“Kedepannya, kami akan terus fokus pada aktifitas CSR yang sejalan dengan kompetensi inti dari bisnis Allianz. Sebagai contohnya, kompetensi kita dalam manajemen risiko terefleksikan dalam program DRR sedangkan kompetensi kita dalam perencanaan keuangan, memberikan dasar pengetahuan bagi program Financial Literacy kami. Kami ingin membawa keahlian kita ke dunia nyata, terutama untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Joachim Wessling.

“Selain kedua kegiatan berdasarkan kompetensi tersebut, Allianz Peduli juga terus aktif melayani bidang kesehatan dan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan oleh masyakarat juga sebagai bagian dari Allianz Group, kami berkomitmen dalam usaha untuk menurunkan emisi karbon dan kepedulian lingkungan lainnya,” tambah Joachim.

Dalam paragraf selanjutnya, kami paparkan tonggak penting dan pencapaian Allianz Peduli sejak 2010:

Aktifitas Bidang Pendidikan

Pada September 2010, Allianz Peduli menyelesaikan renovasi lima Sekolah Dasar SDN 37, SDN 16, SDN 15, SDN 08 dan SDN 03, yang rusah akibat gempa setahun sebelumnya di Simpang Anduring, Kota Padang, Sumatera Barat. Dengan banyak perbaikan struktur bangunan dan penyediaan tangga darurat tambahan yang mencukupi, bangunan sekolah ini menjadi lebih layak dan aman untuk total 800 siswa yang bersekolah di sana.

Menyusul renovasi sekolah tersebut, Allianz Peduli juga memulai program Pengurangan Risiko Bencana (DRR), serangkaian pelatihan bagi para Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dari kelima Sekolah Dasar tersebut, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan langkah tepat dalam menghadapi bencana alam. Karyawan dan Agen Allianz Indonesia terlibat sebagai para pelatihnya. Program DRR Allianz Peduli juga diluncurkan bagi masyarakat di Yogyakarta, Sleman dan Klaten. Program ini telah menjangkau dan melatih lebih dari total 5.000 partisipan.

Allianz Peduli juga memperkenalkan program Financial Literacy, aktifitas pembelajaran di dalam kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dasar tentang uang, bagaimana memanfaatkannya dengan bijaksana dan memperkenalkan pentingnya perencanaan keuangan. Program ini dimulai dengan pilot project yang sukses pada Mei 2011 dan resmi diluncurkan mulai Agustus 2011.

Sampai dengan Desember 2011, FL Allianz Peduli telah menjangkau lebih dari 1.900 siswa SMP dan SMA dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Enam puluh Finance Coach, para fasililtator yang membawakan materi kepada para siswa, terlibat dalam total 50 kelas Financial Literacy. Para Finance Coach ini adalah karyawan dan agen Allianz yang mendaftarkan secara sukarela dan mendapatkan pelatihan menyeluruh sebelum terjun ke kelas.

Aktifitas Bidang Kesehatan dan Bantuan Kemanusiaan

Dalam kegiatan kesehatan dan bantuan kemanusiaan, Allianz Indonesia melakukan donor darah rutin setiap 3-6 bulan di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Denpasar. Di setiap acara donor darah ini setidaknya 75 – 200 kantong darah terkumpul dari para karyawan, agen, mitra bisnis dan masyarakat di sekitar kantor Allianz. Selama tahun 2011, kegiatan donor darah Allianz Peduli telah menyumbangkan sekitar 1.000 kantong darah.

Allianz Peduli juga aktif dalam usaha bantuan kemanusiaan, terutama untuk membantu masyarakat korban bencana alam seperti gempa bumi di Padang, banjir di Wasior, tsunami di Mentawai dan letusan Gunung Merapi. Didukung oleh donasi dari karyawan dan mitra bisnis, Allianz Peduli terlibat dalam penyediaan dapur umum, penyediaan obat-obatan, dokter dan program pemulihan kondisi mental khusus bagi anak.

Aktifitas Bidang Lingkungan Hidup

Allianz Group memiliki komitmen yang kuat untuk masalah lingkungan hidup, sebagaimana terlihat pada keinginan kuat untuk mengurangi emisi dari aktifitas operasionalnya sampai dengan 20% pada 2012. Hingga akhir 2009, Allianz Group telah berhasil mengurangi emisi karbonnya sebanyak 15%.

Allianz Indonesia juga secara aktif mendukung inisiatif ini. Allianz Tower, kantor pusat baru bagi Allianz Utama dan Allianz Life Indonesia yang ditempati sejak April 2011, juga dipilih atas konsep ramah lingkungan dan efisiensi energy yang dimiliki. Lebih lanjut, bekerja sama dengan Jababeka Industrial Estate, Allianz Peduli telah menanam 1.000 pohon Trembesi di area Jababeka sejak November 2011.

Dukungan dan keterlibatan yang kuat dari karyawan dan mitra bisnis
Kesuksesan pelaksanaan program CSR Allianz Peduli mendapatkan dukungan penuh dan berjalan dengan keterlibatan karyawan dan mitra bisnis. Perusahaan mengijinkan karyawan untuk ikut aktif dalam kegiatan CSR Allianz Peduli, selama pekerjaan dan tugas utama sehari-hari mereka tidak terganggu.

“Saya sangat bangga untuk mengatakan bahwa keberhasilan kita dalam menjalankan semua kegiatan CSR Allianz Indonesia adalah berkat keterlibatan karyawan, agen dan mitra perbankan kami di seluruh Indoneisa. Mereka dengan sukarela melibatkan diri dan menjalankan beragam program, sebagai tambahan dari aktifitas bekerja sehari-harinya,” ujar Joachim Wessling. (Diambil dari http://www.allianz.co.id

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita Allianz dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s