Bukan Menakut-nakuti, Tapi Mengingatkan

m

Pekerjaan saya sebagai agen asuransi mengharuskan saya bicara tentang hal-hal yang tidak diinginkan oleh manusia: kecelakaan, sakit, kematian. Ada yang menganggap saya menakut-nakuti orang. Tapi saya lebih suka menyebutnya: mengingatkan.

Menakut-nakuti berarti berkata tentang hal-hal yang TIDAK AKAN terjadi tapi dibilang akan terjadi. Sedangkan mengingatkan adalah berkata tentang hal-hal yang MUNGKIN terjadi. Kedua hal itu jelas berbeda.

Ingin ataupun tidak ingin, yang namanya sakit, kecelakaan, dan kematian tetaplah mungkin dialami oleh manusia. Tinggal apakah kita sudah siap atau tidak ketika hal-hal yang tidak diinginkan itu menerpa.

Asuransi merupakan satu bentuk persiapan dari sisi keuangan.

Saya setuju, asuransi terbaik adalah disiplin menjaga kesehatan dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan. Tapi baik punya asuransi atau tidak, menjaga kesehatan itu wajib. Selain itu, ada beberapa hal yang di luar kendali manusia. Jadi, hendaknya kita senantiasa berendah hati, menjauhi sikap angkuh, dan tetap bertawakal kepada Tuhan.

Tawakal berarti menyerahkan segalanya kepada Tuhan setelah sebelumnya berikhtiar mengupayakan segala yang kita bisa. Bukan tawakal namanya kalau tanpa ikhtiar. Dan ikhtiar itu pun harus dilakukan sesuai ilmunya. Ikhtiar yang dilakukan tanpa ilmu, hasilnya tidak akan maksimal.

Asuransi adalah sebetuk ikhtiar, dan merupakan ikhtiar yang sesuai dengan ilmu perencanaan keuangan di zaman modern ini.

Jadi, sudahkah anda memiliki asuransi? []

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Perencanaan Keuangan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s