Ilustrasi Cara Kerja Paket Bailout Yunani

m
m
Bagaimana cara kerja Bailout Yunani? Ilustrasi yang sangat menarik berikut ini saya peroleh dari blog Teguh Hidayat, guru investasi saya. Karena dia juga memperolehnya dari sumber anonim, saya merasa tak perlu meminta izin padanya. Ilustrasi ini saya muat di sini karena menunjukkan bahwa meski Eropa tengah diterjang krisis hebat, ekonomi Jerman tetap mantap, dan semua negara yang terkena krisis (termasuk Italia yang berhasil memulangkan Jerman di semifinal Piala Eropa 2012) mengharapkan bantuan dari Jerman untuk menyelesaikan persoalan ekonomi di negeri mereka.
m
Seperti diketahui, Jerman adalah negara asal Allianz. Jadi, jangan ragu berasuransi di Allianz, hehe.
m
m
Hari itu adalah hari yang lesu bagi hampir semua orang di sebuah kota kecil di Yunani. Hujan turun dengan deras, dan jalan-jalan sepi dari penduduk. Itu adalah saat-saat yang sulit, semua orang terlilit hutang yang tidak mampu mereka bayar.
 
Kemudian, seorang turis kaya asal Jerman mengendarai mobilnya melewati kota tersebut, dan memutuskan untuk bermalam disana. Dia mampir ke hotel setempat, dan mengatakan kepada pemilik hotel bahwa dia akan mengecek kondisi kamar di lantai atas sebelum memutuskan apakah dia akan bermalam disitu atau tidak. Untuk membuktikan bahwa dia sanggup membayar sewa kamar, turis Jerman tersebut meletakkan selembar uang senilai 100 Euro di meja resepsionis.

 
Pemilik hotel memberikan kunci kamar kepada sang turis. Dan segera setelah si turis menaiki tangga ke lantai dua, dia mengambil uang 100 Euro tersebut, kemudian bergegas ke tukang daging sebelah untuk membayar hutangnya ke tukang daging tersebut.
 
Si tukang daging lalu menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke peternak babi. Peternak babi menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke petani yang menyediakan pakan ternak.
 
Si petani menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke sebuah warung tempat dia biasa makan dan minum bir. Pemilik warung menggunakan uang 100 Euro tersebut untuk membayar hutangnya ke seorang pekerja seks komersial langganannya. Dan si PSK kemudian segera berlari ke sebuah hotel yang biasa dia gunakan untuk melayani tamunya, untuk membayar hutangnya sebesar 100 Euro kepada pemilik hotel. Hotel tersebut adalah hotel yang dikunjungi oleh turis Jerman tadi.
 
Pemilik hotel kemudian meletakkan kembali uang 100 Euro tersebut di meja resepsionis. Beberapa saat kemudian, si turis turun dari tangga dan mengatakan bahwa dia tidak jadi menginap karena kondisi kamar hotelnya tidak cukup layak. Dia mengambil kembali uang 100 Euro tersebut, dan segera pergi meninggalkan kota.
 
Nah, tidak ada seorangpun di kota itu yang memproduksi atau menjual sesuatu. Tidak ada seorangpun yang meraup sejumlah uang. Namun, seluruh penduduk kota kini terbebas dari hutang, dan mereka kemudian menjadi lebih optimis dalam menatap masa depan.
 
Dan begitulah, saudara-saudara, cara kerja dari paket bailout Yunani, and it works!
 

Well, apa komentar anda? Kalau di Indonesia sendiri, apakah pernah juga terjadi hal yang sama?

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s