Tips Berjualan Asuransi Lewat Blog: Pengalaman dengan Blog Myallisya

Toko DaringBlog ibarat sebuah toko. Ke toko itu, orang-orang datang berkunjung dan melihat-lihat barang-barang yang ditawarkan. Jika tertarik dan kebetulan punya uang, mereka membeli. Jika tidak tertarik atau tidak ada uang, mereka pergi lagi. Bedanya, blog berada di dunia maya atau dalam jaringan (daring, online).

Bagi saya selaku agen asuransi, memiliki sebuah toko daring itu “sesuatu banget”. Masalah dasar yang setiap pagi menghantui banyak agen asuransi: “Siapa lagi yang harus saya prospek hari ini?”, terpecahkan dengan sendirinya. Masalah selanjutnya yang kerap bikin agen menyerah, yaitu penolakan, pun berkurang secara signifikan atau beralih rupa menjadi tidak lagi menyakitkan.

Dengan memiliki sebuah toko daring, prospek datang sendiri, mungkin melalui mesin pencari atau media sosial. Mereka bertanya tentang produk atau meminta ilustrasi asuransi, dan yang saya lakukan hanyalah menjelaskan apa yang mereka ingin ketahui. Mereka mungkin tertarik atau tidak tertarik, ambil atau tidak ambil, dan memang begitulah hukum alamnya. Selling is about number, itu saja.

Toko Daring Saya: Blog Myallisya

Blog https://myallisya.wordpress.com dibuat bulan Oktober 2011 dengan tujuan utama untuk memasarkan produk asuransi syariah dari Allianz Life Indonesia, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang asuransi dan beberapa segi perencanaan keuangan lainnya.

Saat ini (Maret 2014) blog myallisya dikunjungi oleh sekitar 100–200 orang per hari, dengan jumlah klik 300–500 (satu pengunjung rata-rata membaca tiga artikel). Ranking Alexa-nya (per Januari 2014) ada di kisaran 600 ribuan (global) dan 13 ribuan (Indonesia). Pagerank-nya masih nol.

Fakta ini tidaklah luar biasa untuk sebuah toko daring, tapi cukup untuk mendatangkan beberapa calon pelanggan baru setiap harinya. Dan untuk ukuran jualan asuransi, dua calon pelanggan per hari sudah lebih dari cukup untuk hidup. (Di dunia nyata pun, standar kerja agen asuransi adalah bertemu dua orang prospek baru setiap hari atau 10 orang per minggu. Rasio keberhasilannya untuk pemula adalah rata-rata 1 dari 10, dan akan makin meningkat seiring bertambahnya jam terbang.)

Hampir 100% penjualan asuransi saya, juga agen-agen rekrutan saya, diperoleh dari blog Myallisya. Alhamdulillah.

Kenapa Blog?

Ada beberapa jenis toko daring. Web, blog, fanpage di facebook, twitter, lapak di kaskus, hingga grup BBM. Kenapa saya pilih blog, bukan yang lain?

  1. Blog itu gratis, berbeda dengan web yang berbayar untuk domain dan hosting.
  2. Karena gratis, blog tidak memerlukan perpanjangan setiap tahun, berbeda dengan web yang berbayar. Ini mungkin hal sepele, tapi saya sering menemukan web yang tidak dapat ditemukan lagi karena tidak diperpanjang pembayarannya (page not found).
  3. Blog tidak memerlukan intervensi setiap hari, berbeda dengan twitter, fanpage facebook, dan grup BBM yang memerlukan pembaruan informasi sesering mungkin (setiap hari bahkan setiap jam). Asalkan bangunan dasarnya (yaitu halaman dan artikel yang penting-penting) sudah terbentuk dan jumlah pengunjungnya sudah stabil di angka yang dapat diandalkan, blog boleh ditinggal hingga berbulan-bulan tanpa keberkurangan pengunjung. Saya sendiri sekarang ini rata-rata hanya menulis 4 artikel baru setiap bulan.
  4. Blog menyediakan berbagai menu yang memudahkan pengunjung mencari informasi yang diinginkan, termasuk informasi yang sudah lama dipasang. Berbeda dengan fanpage facebook, twitter, grup BBM, atau lapak di kaskus, di mana informasi yang lama akan ditimpa oleh informasi yang baru, dan tidak mudah bagi pengunjung untuk menemukannya kembali.

Satu kekurangan dari blog gratisan adalah alamatnya yang kepanjangan (“myallisya.wordpress.com”, tidak langsung “myallisya.com”). Sebagian orang menganggap hal ini terkesan kurang profesional dan kurang keren kalau dipajang di kartu nama. Tapi saya mendapatkan satu kesan lain yang tidak kurang positifnya, yaitu kesan personal. Kesan personal, terkadang, lebih disukai daripada kesan profesional. Tapi di luar itu, yang paling penting adalah isinya.

(Sejak April 2014, saya menghilangkan kata “.wordpress” pada alamat blog ini. Biayanya 18 USD setahun, beli di wordpress langsung sehingga operasionalnya masih pakai mesin wordpress. Bagi yang tertarik untuk menghapus kata “wordpress” di blognya supaya terkesan lebih profesional dan lebih ringkas, saya uraikan caranya di SINI.)

Kenapa WordPress?

Ada beberapa penyedia blog gratis di internet. Yang paling populer adalah wordpress dan blogspot. Keduanya pernah saya gunakan, tapi kemudian saya lebih fokus ke wordpress dengan tiga pertimbangan:

  1. WordPress menyediakan fitur halaman (page) yang bisa beranak-pinak. Ini fitur yang saya butuhkan dan tidak saya temukan di blogspot. Contoh: halaman Produk, beranak Allisya Protection Plus dan Allisya Care; Allisya Protection Plus beranak lagi rider-ridernya.
  2. Informasi statistik di wordpress lebih lengkap. Kita bisa mengetahui jumlah pengunjung setiap saat, artikel dan halaman yang paling banyak dibaca, sumber trafik, jumlah klik tiap pengunjung (yang ini tidak ada di blogspot), dan terutama istilah-istilah mesin pencari yang digunakan pengunjung untuk sampai ke blog kita (ini pun tidak ada di blogspot). Yang terakhir sangat penting karena dapat menjadi masukan bagi kita untuk memaksimalkan frase kata kunci.
  3. Ramah komentar. Pengunjung cukup mencantumkan nama dan email, komentar bisa langsung muncul. Di blogspot, seringkali pengunjung harus menuliskan kata sandi (captcha) agar komentarnya bisa dimuat.

Hal-hal lain:

> WordPress mudah dikenali mesin pencari Google. Dalam hal ini saya suka Google karena tidak pilih kasih. Meski punya Blogspot, dia tidak menganaktirikan penyedia blog lainnya termasuk wordpress.

> Tampilan wordpress lebih sederhana.

> WordPress lebih cocok untuk konten yang didominasi teks.

> WordPress (yang gratisan) tidak mengizinkan penggunanya memasang iklan semacam adsense, hal yang dibolehkan di blogspot. Tapi bagi saya tak masalah, toh saya mencari uang bukan dari iklan, tapi dari kontennya.

> Beberapa orang menyebut bahwa blogspot lebih mudah pengoperasiannya bagi para pemula. Soal ini, saya hanya berkata: memangnya kita mau jadi pemula terus?

> Jika anda ingin membuat blog di wordpress, caranya bisa dipelajari di artikel “Bagaimana Cara Membuat Blog?

 

Cara Saya Meningkatkan Trafik Blog Myallisya

Tibalah kita ke bagian yang menjadi inti artikel ini. Cara meningkatkan trafik blog atau tips meramaikan blog. Sebetulnya tips-tips semacam ini bertebaran di internet dan anda dapat dengan mudah menemukannya melalui Google. Tapi pengalaman yang bersifat personal seringkali lebih menarik untuk disimak.

Inilah beberapa cara yang pernah atau masih saya lakukan untuk meningkatkan trafik pengunjung di blog myallisya.

1.      Memperbanyak konten

Konten yang banyak memberikan jalur yang beragam bagi mesin pencari (Google dan kawan-kawan) untuk menemukan blog kita.

Di awal membangun toko daring, saya menulis hingga belasan artikel baru setiap bulan. Juga membuat halaman statis berisi informasi-informasi dasar yang perlu diketahui pembaca.

Saat ini blog myallisya telah berisi hampir 200 artikel dan halaman. Hampir semuanya saya tulis sendiri, sebagian kecil saja yang saya salin dari blog orang lain dengan mencantumkan sumbernya atau saya modifikasi.

Bagi saya, menulis di blog adalah sebuah investasi. Dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

2.      Berupaya menulis konten yang bagus dan bermanfaat

Konten yang bagus pastinya akan lebih disukai pembaca, terlebih jika informasi di dalamnya bermanfaat bagi kebutuhan mereka. Karena suka dan informasinya bermanfaat, mereka akan membaca lebih lanjut sampai selesai. Bukan hanya itu, mereka pun akan membaca artikel-artikel yang lainnya. Konten yang bagus tidak menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga dari para pembaca.

Bagaimana cara menulis konten yang bagus? Ini soal yang lain lagi. Yang jelas, jika kita tahu apa yang ingin kita sampaikan, tahu apa yang dibutuhkan orang, dan juga tahu cara menyampaikannya, artikel kita akan cukup berharga untuk dibaca.

3.      Memasang frase-kata-kunci yang spesifik

Google dan mesin pencari lainnya menemukan blog kita dengan prinsip yang sederhana: ketika seseorang mengetikkan sesuatu di sana, Google menelusuri miliaran data di dunia maya yang menunjukkan seluruh atau sebagian dari kata-kunci yang diketikkan. Contoh: ketika orang mengetikkan “agen allianz serpong”, Google mencari artikel di web atau blog yang mengandung sekaligus gabungan kata “agen+allianz+serpong”, atau sebagian dari kata tersebut.

Kita bisa membantu Google dengan menambahkan frase-kata-kunci di blog kita secara spesifik. WordPress menyediakan caranya melalui menu tag ketika kita menerbitkan artikel. Semakin spesifik sebuah frase-kata-kunci, apalagi jika semakin unik, maka semakin mudah bagi Google menemukannya.

Frase-kata-kunci ibarat indeks di halaman akhir sebuah buku ilmiah, tempat kita bisa dengan mudah mencari konsep atau istilah kunci dari buku tersebut. Frase-kata-kunci harus berkaitan dengan artikel yang kita tulis.

Saya menyebut frase-kata-kunci (keyword-phrase), karena terdiri dari beberapa kata. Tag-tag yang hanya berisi satu kata tidak akan banyak berguna karena tidak spesifik. Contoh: daripada mencantumkan kata-kunci “agen”, “asuransi”, “allianz”, “serpong” secara terpisah, lebih baik disatukan menjadi “agen asuransi allianz serpong”.

Alamat blog, tema blog, dan judul artikel juga akan membantu Google menemukan blog kita.

Banyak yang bilang, frase-kata-kunci harus dibeli. Saya sendiri tidak melakukannya. Lagi pula konon harganya tidak murah.

4.      Memanfaatkan tautan antar-artikel

Ketika saya menulis sebuah artikel, saya ingin agar pengunjung membaca pula artikel lainnya yang berhubungan. Contoh: di artikel berjudul “Pengalaman Menjadi Agen Asuransi Allianz: Tahun Kedua”, saya mencantumkan sejumlah tautan ke beberapa artikel lain, misalnya “Pengalaman Menjadi Agen Asuransi Allianz: Tahun Pertama”, “Mimpi-Mimpi Liem Lie Sia”, “Antara Bisnis MLM dan Asuransi”, dan “Cara Menjadi Agen Allianz”.

Tautan antar-artikel akan berfungsi pula sebagai frase-kata-kunci yang membantu Google menemukan blog kita.

5.      Aktif di media sosial

Media sosial seperti facebook, twitter, kaskus, hingga BBM bisa menjadi sarana promosi yang ampuh untuk mengundang siapa saja datang ke blog kita. Di sini saya ingin menyoroti satu media sosial yang sampai hari ini terus mengundang trafik ke blog saya, yaitu kaskus.

Twitter, facebook, dan BBM juga saya gunakan, tapi sebatas menginformasikan jika ada artikel baru. Kelemahan twitter, facebook, dan BBM adalah sifatnya yang sementara, sehingga memerlukan intervensi yang terus-menerus, padahal saya maunya pasif saja.

Di kaskus, ada banyak forum diskusi mengenai asuransi yang dapat dimanfaatkan untuk promosi blog, tentunya dengan cara yang sopan dan elegan. Beberapa di antaranya yang pernah saya ikuti antara lain: Korban Agent Asuransi, Unit link vs Term life+Reksadana, dan Ask Asuransi. Cara yang saya lakukan adalah ikut berdiskusi, menjawab dan menanggapi pertanyaan, bahkan ikut berdebat untuk tema-tema yang cukup panas. Di dalam tanggapan atau jawaban tersebut, saya sisipkan tautan ke blog saya.

Saya tidak membuka lapak di kaskus, karena cukup repot membuatnya selalu berada di trending topic. Saya sering merasa aneh pada orang yang setiap hari hanya menyundul-nyundul lapaknya sendiri.

Saya cukup aktif di kaskus pada tahun pertama saya menjadi agen ASN. Mulai tahun kedua, karena aktivitas yang makin meningkat, saya sudah lama tidak mampir di sana. Tapi apa yang saya tabur di tahun pertama dulu masih saya tuai hasilnya sampai sekarang.

Saran Bagi Yang Ingin Berjualan Asuransi Lewat Blog

Membuat blog itu secara teknis tidak sulit. Langkah-langkah awal bisa dipelajari di artikel Bagaimana Cara Membuat Blog?

Tapi sebelumnya, bagi anda agen asuransi yang tertarik untuk berjualan asuransi lewat blog, atau web, ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi.

Pertama, rajin membaca.

Kedua, bisa menulis.

Ketiga, akrab dengan dunia internet.

Saya bukannya ingin memberatkan. Tapi jika tiga prasyarat tersebut belum terpenuhi, anda tidak akan bertahan lama. Membuat blog itu gampang, tapi mengisinya dan membuatnya ramai dikunjungi orang, itu butuh usaha yang teguh dan konsisten disertai pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

Berjualan asuransi berbeda dengan berjualan produk lainnya. Jika barang jualan anda berupa produk nyata, seperti baju, obat herbal, alat olahraga, aksesoris, ponsel, bahkan rumah dan mobil, anda bisa menyewa jasa penyedia web dan web anda tinggal terima jadi.

Tapi berjualan asuransi, setidaknya seperti yang saya lakukan, membutuhkan kemampuan menulis dan kebiasaan membaca. Tentu saja anda bisa menyalin-tempel artikel dari blog orang lain, tapi tanpa gairah untuk menulis artikel sendiri, usaha tersebut hanya akan bersifat sementara.

Sementara demikian. Semoga bermanfaat. [Asep S]

 

Bagi anda yang menjadi agen asuransi ASN di tim saya, tersedia konsultasi blog secara langsung dan tentunya gratis ^_^

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Bisnis Asuransi, Blog dan Penulisan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

33 Balasan ke Tips Berjualan Asuransi Lewat Blog: Pengalaman dengan Blog Myallisya

  1. estriheni berkata:

    Betul, setuju banget pak Asep!
    Hal yang dikuatirkan ibu saya saat tau anaknya jadi agen asuransi, tidak saya alami. Saya bisa seimbangkan profesi agen asuransi (via online) dengan profesi ibu rumah tangga (2 balita).
    Saya bersyukur bergabung di tim online yang tepat!

    Bagi yang berminat menjadi agen asuransi Allianz, segera deh gabung di tim myallisya. Support Leader nya mantab!

    Bagi yang berminat beli asuransi jiwa Allianz Syariah, terutama Anda yang tinggal di jakarta timur, area Cipayung, Cibubur, Cimanggis, TMII, Pondok Gede, Cijantung, Pasar Rebo, Cibinong, Depok, silahkan kontak Agen di tim myallisya ya..

    Helping you protect yourself is not my job! It’s my PASSION..

    Selamat berasuransi..

    @Terima kasih, Bu Estri. Tentunya patut kita bersyukur atas anugerah zaman ini: komputer, telepon, internet, mesin pencari, media sosial, blog, dan lain-lain yang bisa kita manfaatkan untuk meraih rezeki Allah. Semoga kebaikan sentiasa tercurah kepada para inovator dan penemu. Amin.

    (Ibu Estri ini salah satu agen di tim saya yg sering saya minta bantuan untuk melayani permintaan asuransi dari daerah seputar Cipayung (Jaktim) hingga Cibubur dan Depok. Blognya bisa dibuka di http://allianzkita.wordpress.com.)

    Salam sukses,
    Asep S

    Suka

  2. Ping balik: MDIT (Agen-agen Allianz Berpenghasilan Miliaran) | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

  3. Kang Siroj berkata:

    Assalamu’alaikum
    Kang Asep kumaha damang?
    Antum emang luar biasa..walaupun ga biasa di luar hehe
    Ane liat dari mulai berdirinya ini blog hingga bertebaran blog rekrutan..mantap tap

    @Waalaikumussalam. Alhamdulillah, baik Kang Siroj. Terima kasih sudah mampir. Salam sukses juga utk Kang Siroj.

    Suka

  4. Masto berkata:

    Sangat menarik dn inspiratif. Krn blog myallisya inilah sy tertarik Asuransi..

    @Terima kasih, Masto, sudah mampur dan membubuhkan jejak. Saya akan sering berkunjung ke http://allianzindo.wordpress.com.

    Salam,
    Asep S

    Suka

  5. Masto berkata:

    Di blog sy: http://www.allianzindo.wordpress.com, kalau ada yg comment mesti menunggu approve Dari sy dulu. Gmn caranya biar lngsung tayang kalo ada yg comment kang y? Trims

    @Caranya: Masuk ke Dasbor, Pengaturan, Diskusi. Nanti ada banyak pilihan pengaturan ttg komentar. Supaya bisa langsung tayang, hilangkan ceklis pada keterangan Sebelum sebuah komentar muncul, “komentar harus disetujui secara manual” dan “penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya”. Demikian.

    Suka

  6. 1001solutions berkata:

    bravo!!! go asuransi online
    mari kita selamatkan bumi
    go paperless

    salam damai dari
    Agen Asuransi Online

    @Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Semoga sukses selalu.

    Salam,
    Asep S

    Suka

  7. Salam kenal mas..ane kebetulan baru jadi agen di asuransi sebelah. Dan terus terang banyak belajar dari blog ini. Semoga catatan antum jd berkah bagi agen2 asuransi lain. Terimakasih.

    @Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir di mari. Saya sudah berkunjung balik, webnya bagus dan tampak profesional. Tapi sayang tidak menyediakan kolom komentar. Semoga sukses.

    Salam,
    Asep S

    Suka

  8. Ping balik: Pengalaman Menjadi Agen Asuransi Allianz: Tahun Ketiga | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  9. Ping balik: Bagaimana Cara Membuat Blog? | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  10. Ping balik: Rekomendasi Blog Agen Asuransi Allianz | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  11. Yessi berkata:

    Sekarang ini penggunaan internet sudah sedemikian luas. Orang yang ingin mencari informasi dengan cepat bisa dgn mudah didapat hanya dengan ‘tanya um gugel’. Begitupun dengan asuransi. Semakin banyak orang yang mulai melek asuransi, berkeinginan untuk mencari info lebih banyak, melakukan perbandingan satu dengan yg lain cukup di depan komputer mereka. Perkembangan ini terakomodasi dengan bisnis distribusi asuransi online. Lebih banyak hal bisa kita share lewat tulisan… 🙂

    Suka

  12. Fatria Panji Kasih berkata:

    sip

    @Sip juga.

    Suka

  13. KijangWEB berkata:

    asuransi bisa jadi membebani keuangan anda, sepanjang premi yg dibayarkan dihitung secara tidak pasti. di zurich kami berani memberi nilai pasti premi secara maksimal dari kemampuan Anda, sehingga sisanya bs Anda tabungkan pd instrumen investasi yg menguntungkan dlm jangka panjang. Cara hemat berasuransi dan berinvestasi, lebih lanjut klik blog kami di zurichprestigio.tk

    @Wah, hebat. Terima kasih kunjungannya.

    Suka

  14. Bengkel NTK berkata:

    sebenarnya dari dulu pengen jualan asuransi di blog,tpi baru nemu ahlinya sekarang,…. pak asep bisa sharing lebih lanjut?

    Suka

  15. Merry yuliani berkata:

    Selamat Siang Pak Asep,

    Saya Merry Agent Allianz dari Denpasar Bali.
    Membaca artikel Bapak ini, sangat menginspirasi saya untuk segera membuat Blog mengenai Asuransi.
    Semoga nantinya Blog yang saya buat sendiri bisa sekeren dan menambah nasabah nasabah khususnya di dunia maya.
    Kalau sudah selesai blognya akan saya sharing URLnya.

    Terima Kasih
    Merry
    081355338825

    @Salam, Bu Merry, terima kasih atas apresiasinya. Ditunggu blognya dan semoga sukses.

    Suka

  16. Ping balik: Cara Membuat Kategori Tautan Artikel di Blog WordPress | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  17. Ping balik: 1 Anugerah yang Paling Saya Syukuri: Keterampilan Menulis | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  18. Anto berkata:

    Salam kenal Om Asep……trimakasih dapat ilmu baru buat blog utk jualan asuransi…..sy agen baru si merah dr Italia….

    Suka

  19. Ping balik: Straegi Berjualan Asuransi Lewat Blog | Perlindungan Keuangan Anda

  20. Ping balik: Berbagi Pengalaman Menjual Asuransi Melalui Blog | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  21. Yoseph berkata:

    Salam Damai Pak Asep. sangat inspiratif dan menggugah……!

    Suka

  22. satuproteksi berkata:

    Salam kenal Pak Asep,

    Blog nya sungguh menginspirasi dalam memasarkan asuransi secara online.

    Semoga banyak yang terbantu proteksi nya.

    Suka

  23. jokowinahyu berkata:

    salam kenal mas asep saya kebetulan baru saya gabung BE di allianz New vision , banyak belajar dari blog mas asep yg sangat mumpuni ini . makasih informasinya , ,, jadi pengen ngikuti jejak mas asep , boleh privat mas asep buat bikin blog hihi

    Disukai oleh 1 orang

  24. Ping balik: What Digital Means for Agent? Wawancara dengan Buletin Kabar Allisya Edisi September 2016 | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  25. akademiabimbela berkata:

    Tips yang bagus bagi para agen asuransi yang baru terutama yg ingin onlinekan produk asuransi. Sy juga baru mau belajar bagaimana cara memasrkan produk asuransi secara online http://www.bisnisberkah123.com

    Suka

  26. natanaelalbertus berkata:

    saya suka membaca blog anda Pak Asep Sopyan. Saya juga agen Allianz Serpong yang tinggal di Surabaya, ingin sekali pindah kesana. Saya juga belajar dari bpk sehingga lahirlah blog http://proteksifinancial.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s