Gara-gara Disuruh Treadmill oleh Allianz, Saya Jadi Rajin Lari 1 Km Tiap Hari

Bersama anak saya, Cahaya Senja, di lapangan Komplek Ciater Permai, Serpong.

Bersama anak saya, Cahaya Senja, di lapangan Komplek Ciater Permai Serpong.

Pada tanggal 26 Februari 2014, saya membuka polis Tapro Allisya Protection Plus untuk menambah manfaat dari polis yang telah saya miliki sebelumnya. Setoran 2 juta per bulan, manfaatnya Asuransi Dasar 1 miliar, Termlife 1 miliar, ADDB 1 miliar, TPD 1 miliar, CI+ 1 miliar, HSC+ plan kamar 1jt, dan payor benefit. Usia saya 33 tahun (lahir 1981), pekerjaan kelas 2 (agen asuransi). (Detail mengenai polis ini bisa dibaca di artikel Polis Tapro Saya).

Karena uang pertanggungan jiwanya mencapai 2 miliar (Asuransi Dasar + Termlife), untuk pengajuan polis ini saya dikenakan tes medis tipe C, meliputi pemeriksaan fisik, urin, lemak darah, gula darah, fungsi ginjal, fungsi hati, dan EKG (elektrokardiogram). Saya memeriksakan diri di RS Omni Internasional Alam Sutera pada Hari Sabtu tanggal 22 Maret 2014 atas biaya dari Allianz.

Saya sebetulnya cukup yakin dengan kondisi kesehatan saya. Alhamdulillah seumur hidup saya tidak pernah rawat inap, tidak pernah operasi, dan tidak memiliki suatu keluhan khusus. Tapi ternyata hasil tes bicara lain. EKG atau grafik irama jantung saya dinyatakan abnormal. Oleh karena itu saya diminta tes medis lagi, kali ini treadmill test. Hanya treadmill, sebab yang lainnya normal.

Treadmill test adalah lari-lari di atas alat treadmill yang biasa digunakan di tempat latihan fitnes. Tujuannya untuk memeriksa fungsi jantung, untuk menilai kondisi seseorang berkaitan dengan risiko penyakit jantung. Saya jadi sedikit takut. Takut dengan penyakit tersebut dan juga takut dikenakan tambahan premi oleh Allianz. Oleh karena itu, sebelum menjalani tes, saya perlu persiapan.

Mulai awal April 2014, setiap habis sembahyang subuh dan membaca Quran beberapa halaman, saya merutinkan lari di jalan berbata di depan rumah saya. Tidak jauh, hanya 5 balikan x 200 meter. Jadi, total 1 kilometer saya berlari setiap hari. Sesekali di lapangan komplek Ciater Permai atau di Hutan Kota BSD jika bersama keluarga. Jika pagi hari saya tidak sempat, saya ganti sore hari.

Setelah merutinkannya selama sekitar tiga minggu setiap hari tanpa putus, saya pun jadi yakin dengan kondisi fisik saya. Jadi pada hari Kamis tanggal 24 April 2014, saya berkunjung lagi ke RS Omni untuk menjalani uji treadmil. Di sana, saya disuruh lari di atas alat treadmill selama 10 menit. Mula-mula alatnya bergerak lambat (fase pertama: jalan biasa), lalu 3 menit kemudian dipercepat (fase kedua: agak berlari), lalu 2 menit kemudian dipercepat lagi (fase ketiga: berlari), dan 2 menit terakhir lebih dipercepat (fase keempat: lari cepat). Alhamdulillah saya sampai di fase terakhir.

Sebelum treadmill, tekanan darah saya diperiksa. Normal, 120/80. Di atas mesin treadmill, tekanan darah saya diperiksa di setiap fasenya. Alhamdulillah, hingga fase ketiga, tensinya masih normal 120/80. Baru di fase keempat, tensi naik ke 130/90. Usai fase keempat, kecepatan mesin diturunkan ke jalan biasa, diperiksa lagi dan tensi saya turun ke 120/80. Alhamdulillah.

Dan di akhir April, saya mendapat informasi bahwa polis saya telah disetujui dengan kondisi standar. Alhamdulillah, preminya tidak dinaikkan.

Hingga artikel ini ditulis (5 Mei 2014), saya belum pernah putus berlari setiap hari sejarak 1 kilometer. Tidak jauh, yang penting rutin dan konsisten. Waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, hanya 15-20 menit saja (sudah termasuk pemanasan dan pendinginan). Sungguh, lari adalah olahraga yang sangat mudah, efektif, efisien, dan gratis.

Alhamdulillah. Terima kasih, Allianz, telah menyuruh saya tes medis hingga dua kali. [aseps]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Catatan Pribadi dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gara-gara Disuruh Treadmill oleh Allianz, Saya Jadi Rajin Lari 1 Km Tiap Hari

  1. Ping balik: Polis Tapro Saya: Setoran 2 Juta Per Bulan, Total Manfaat Lebih dari 5 Miliar + Askes Plan 1000 | Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s