Bagaimana Cara Membuat Blog?

best-free-wordpress-themesKarena saya menjual asuransi melalui blog, banyak agen asuransi yang bertanya kepada saya bagaimana caranya membuat blog.

Saya katakan, membuat blog itu sangat mudah. Tapi untuk membuatnya dikunjungi banyak orang, dibutuhkan kesungguhan, ketekunan, kesabaran, dan terus belajar. Selain itu ada prasyarat yang harus dipenuhi, yaitu suka membaca dan bisa menulis (atau mau belajar menulis). Tak kalah penting, anda harus senang mengerjakannya. Tanpa itu semua, blog yang anda buat hanya akan jadi sekadar alamat tanpa pengunjung.

Untuk membuktikan bahwa membuat blog itu sangat mudah, cobalah ketik di mesin pencari: “Cara membuat blog”. Maka anda akan diantar kepada ribuan orang yang bersedia mengajari anda bagaimana langkah-langkahnya secara praktis. Dalam 5 menit, blog anda akan sudah jadi. Langkah-langkah membuat blog bahkan lebih ringkas daripada membuat akun facebook dan email.

Tapi jika anda masih pemula (belum tahu sama sekali apa itu blog), sebaiknya anda membaca-baca dulu sejumlah pengetahuan umum mengenai blog. Anda boleh tanya Google: “Apa itu blog”? Maka seketika ada ribuan orang yang memberi tahu anda. Dari satu kata pencarian, anda bisa mengembangkannya dengan kata-kata pencarian lainnya. Misalnya: “Macam-macam blog”, “cara membuat blog gratisan”, “cara membuat blog di blogspot”, “cara membuat blog di wordpress”, “perbedaan blogspot dan wordpress”, “tips meningkatkan pengunjung blog”, dan seterusnya.

Cara Membuat Blog di WordPress

Ada dua penyedia blog yang paling populer, yaitu blogspot dan wordpress. Saya pernah menggunakan dua-duanya, tapi yang kemudian saya kembangkan hanya blog wordpress. Kenapa saya pilih wordpress, alasannya pernah saya tulis di artikel “Tips Berjualan Asuransi Lewat Blog: Pengalaman dengan Blog Myallisya“.

Inilah langkah-langkah membuat blog di wordpress:

  1. Masuk ke http://wordpress.com. Karena kita ada di Indonesia, alamatnya secara otomatis akan menjadi http://id.wordpress.com. Ini tampilannya.
Langkah 1: Masuk ke http://wordpress.com dan klik "Buat Situs Web"

Langkah 1: Masuk ke http://wordpress.com dan klik “Buat Situs Web”

Seperti anda lihat, di tengah-tengah ada kotak “Buat Situs Web”. Kliklah itu.

  1. Masukkan alamat surel (email anda), nama pengguna (misal: namaanda), kata sandi, dan alamat blog. Perhatikan petunjuknya di sebelah kanan. Saat mengisikan alamat blog, sistem akan secara otomatis memeriksa apakah alamat tersebut telah digunakan orang lain atau tidak. Jika sudah, anda tidak akan bisa menggunakannya lagi.

    Langkah 2: Mengisikan email, nama pengguna, kata sandi, dan alamat blog anda.

    Langkah 2: Mengisikan email, nama pengguna, kata sandi, dan alamat blog anda.

  2. Arahkan layar ke bawah. Anda akan bertemu tiga pilihan: WordPress.com Pemula, WordPress.com Premium, dan WordPress.com Bisnis. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda, semakin ke kanan semakin lengkap. Pemula gratis, lainnya bayar. Pilih “Buat Blog” di kolom Pemula.

    Langkah 3: Klik "Buat Blog" di kolom WordPress.com Pemula.

    Langkah 3: Klik “Buat Blog” di kolom WordPress.com Pemula.

  3. Maka blog anda pun sudah jadi. Selamat.

Ikuti langkah-langkah selanjutnya dan belajarlah lebih banyak lagi.

Langkah Selanjutnya Setelah Blog Dibuat

Setelah blog anda jadi, apa lagi selanjutnya?

  • Mengatur tampilan (tema). Untuk awal, lihatlah blog-blog orang lain sesama wordpress yang menurut anda bagus dan tirulah hal-hal yang bisa anda tiru menyangkut tampilan.
  • Mengisi pos-pos dan halaman. Pos adalah artikel yang disusun secara kronologis berdasarkan waktu (terbaru ada di teratas), halaman adalah artikel yang disusun secara statis dan biasanya muncul di bagian atas blog.
  • Mempromosikan blog di media sosial dan lain-lain.
  • Rajin memperbarui blog secara berkala.
  • Terus belajar. Jika menemui kesulitan, tanyalah Google, dan jika tidak mendapatkan jawaban, berkonsultasilah dengan blogger yang lebih ahli.

Demikian sekadar pengantar mengenai cara membuat blog di wordpress. Bagi saya pribadi, artikel ini bermanfaat untuk menjawab setiap kali ada pertanyaan seperti di judul. Semoga bermanfaat juga untuk anda. []

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Blog dan Penulisan dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Bagaimana Cara Membuat Blog?

  1. Ping balik: Tips Berjualan Asuransi Lewat Blog: Pengalaman dengan Blog Myallisya | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  2. Ping balik: Rekomendasi Blog Agen Asuransi Allianz | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  3. Ping balik: Cara Membuat Kategori Tautan Artikel di Blog WordPress | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  4. Ping balik: 1 Anugerah yang Paling Saya Syukuri: Keterampilan Menulis | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s