Gelar Profesional Saya: RFP® (Registered Financial Planner)

FullSizeRender(7)Pada tanggal 28-31 Juli 2015, saya berkesempatan mengikuti kursus RFP (Registered Financial Planner). Kursus ini diselenggarakan oleh Multimatics, bertempat di AXA Tower lantai 37, Kuningan, Jakarta. Saya mengikuti kursus 4 hari ini dengan biaya dari Allianz karena saya memenangkan kontes Activity Club pada tahun 2014 dengan syarat closing minimal 2 case per bulan selama 12 bulan. Jika harus bayar sendiri, biayanya sekitar 4 juta per orang. Alhamdulillah, terima kasih, Allianz.

Materi yang dipelajari dalam kursus singkat ini meliputi dasar-dasar perencanaan keuangan, cara menyusun laporan keuangan pribadi, cara menghitung time value of money, pengelolaan utang dan arus kas, manajemen risiko, seluk-beluk asuransi (dasar-dasar, asuransi jiwa, unit-link, asuransi umum, asuransi kesehatan, dan perencanaan asuransi), serta tentang teknis saran-saran perencanaan keuangan.

Semua dipelajari dalam 3 hari, dan hari keempatnya ujian. Alhamdulillah saya lulus dan berhak menyandang gelar RFP® (Registered Financial Planner)®. Gelar ini diberikan oleh FPSB (Financial Planning Standards Board) Indonesia, sebuah lembaga sertifikasi bertaraf internasional di bidang perencanaan keuangan.

Berbeda dengan gelar akademis lainnya, gelar RFP® ada masa berlakunya yaitu dua tahun (sd 30 Juni 2017). Gelar dapat diperpanjang dengan persyaratan tertentu, salah satunya harus tetap bekerja di bidang keuangan.

Semua materi yang saya peroleh dari kursus ini insya Allah bermanfaat untuk mendukung profesi saya sebagai agen asuransi. Jika ada kesempatan, saya mungkin akan melanjutkan ke jenjang CFP (Certified Financial Planner). Semoga.

 

FullSizeRender(4)

Sertifikat RFP

Di acara ini, tak disangka, saya bertemu dengan seseorang yang pada tahun 2012 lalu menjadi “lawan debat” di forum Kaskus. Dan dia muncul sebagai salah satu pengajar di kursus ini. Artinya dia sekarang menjadi guru saya. Namanya di Kaskus: woodmr. Sila dicari.

Anwar Aonillah

Bersama guru saya, Anwar Aonillah, CFP.

Foto bersama leader Sertifikat RFP

Bersama leader saya bpk Yudi Haliman dan MDRT dari Busster Palembang, ibu Kho Emilia, sesaat setelah kursus RFP berakhir.

Pos ini dipublikasikan di Catatan Pribadi dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Gelar Profesional Saya: RFP® (Registered Financial Planner)

  1. petrusjakub.asn berkata:

    keren banget Pak Asep, salut!

    @Terima kasih, Petrus🙂

    Suka

  2. Ujang Sirojudin berkata:

    Selamat Kang Asep..Berkah selalu.

    @Terima kasih, kang Ujang. Sukses selalu.

    Suka

  3. Ping balik: Mencoba Menghitung Nikmat-Nikmat Allah di Tahun 2015 | Perjalanan Pikiran

  4. Ping balik: Pengalaman Menjadi Agen Asuransi Allianz: Tahun Keempat (2015) | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  5. Ping balik: Profil Agen: Asep Sopyan, RFP® | Info Asuransi Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s