Blogging is About Writing

 

Blog MyallisyaTeknik SEO Terbaik Adalah Konten

Banyak orang, ketika mengetahui saya mendapatkan penjualan asuransi dan perekrutan agen asuransi hampir 100% melalui blog, bertanya bagaimana caranya bikin blog dan bagaimana bikin blog yang banyak pengunjungnya. Dulu saya belum punya formula yang sederhana untuk menjawab pertanyaan ini. Sekarang saya akan menjawab, “Blogging is about writing. Ngeblog itu perihal menulis.”

Artinya, jika kamu bisa menulis, kamu bisa bikin blog dan sukses dengan blogmu.

Bagaimana dengan teknik – apa itu namanya – SEO dan segala macam? Itu belakangan, bisa dipelajari seperlunya sambil kamu membangun blogmu. Yang penting kamu rajin menulis dan tulisanmu bermanfaat bagi orang lain. Dan sebetulnya teknik SEO terbaik adalah konten. Sekali lagi, konten. Artinya, tulisan.

Lalu bagaimana mempopulerkan blog agar mudah ditemukan di mesin pencarian? Pertama, tulislah artikel-artikel yang bagus dan bermanfaat sebanyak yang kamu bisa. Kedua, promosikan di media sosial dan media lainnya sejauh yang kamu bisa. Tulisan yang bagus akan mengundang orang-orang untuk membantu membagikannya di media sosial mereka.

Sudah itu saja. Setidaknya itu yang saya lakukan sejak saya membuat blog myallisya.com sampai sekarang. Tidak ada tips atau trik yang aneh-aneh.

Sambil semua itu berjalan, kamu bisa mengatur tampilan blogmu agar lebih ramah bagi pengunjung dan memudahkan pengunjung mencari apa yang diinginkan. Artikel-artikel penting kamu taruh di tempat yang mudah dilihat. Hal-hal teknis semacam ini bisa kamu pelajari dari Google, buku, atau bisa bertanya kepada blogger yang kamu kenal.

Membangun blog adalah sebuah proses, bukan sesuatu yang instan. Bahan bakarnya adalah gairah untuk terus menulis dan senang berbagi lewat tulisan. Jika kamu tidak punya gairah menulis, kamu tidak akan bertahan lama. Sekali lagi, blogging is about writing.

Konon beberapa teknik SEO (Search Engine Optimation) bisa membuat blogmu lekas nangkring di halaman pertama Google. Ada yang menyarankan beli kata kunci atau pasang iklan di Google. Semua itu perlu uang tentunya. Tapi sesuatu yang diperoleh dengan cara instan, hasilnya pun instan pula alias tidak bertahan lama. Ibarat cinta yang diperoleh dengan guna-guna.

Kalau kamu lihat blog-blog yang ramai pengunjungnya, semuanya punya konten yang bagus, menarik, atau bermanfaat. Kamu pun akan senang hati membagikan tautan artikel tersebut jika kamu merasa mendapatkan sesuatu dari isinya.

Blog-blog yang ramai pengunjungnya bukan hanya punya konten yang bagus, tapi konten yang bagusnya itu pun banyak jumlahnya. Di sini, kualitas dan kuantitas menempati porsi yang sama pentingnya.

Sekarang, jika kamu ingin membuat blog yang ramai pengunjungnya, pertanyaannya adalah: Apakah kamu suka menulis? Apakah kamu bisa menulis sesuatu yang bagus dan bermanfaat bagi orang lain? Apakah kamu mau berusaha, dengan cara apa pun, untuk menulis sesuatu yang bagus dan bermanfaat bagi orang lain? Apakah kamu senang duduk berjam-jam di depan komputer untuk membuat satu tulisan?

Menulis erat kaitannya dengan membaca. Untuk bisa menulis yang bagus dan bermanfaat, apakah kamu senang membaca? Apakah kamu bersedia melakukan survei bahan bacaan, entah buku ataupun sumber-sumber dari internet, untuk mendukung kualitas tulisanmu? Apakah kamu mau mempelajari sesuatu lebih banyak dari kebanyakan orang supaya kamu menjadi lebih ahli dibanding mereka dalam bidang tersebut?

Bahan tulisan bisa diperoleh juga dari interaksi dengan orang-orang. Jika kamu seorang agen asuransi, kamu pasti sering bertemu orang dan berbincang dengan mereka. Semua itu bisa dijadikan bahan tulisan. Dari setiap obrolan akan muncul pertanyaan atau persoalan, dan tugasmu adalah mengangkat persoalan itu lewat tulisan seraya mendiskusikannya dan, kalau bisa, menawarkan jawaban.

Isi artikel ini pun lahir dari pertanyaan yang saya terima dari obrolan dengan orang-orang. Seorang penulis adalah pembaca dan pengamat sekaligus. Dan seorang blogger adalah penulis.

Bagaimana Jika Tidak Bisa Menulis?

Bagaimana jika tidak bisa menulis? Kabar baiknya, menulis bisa dipelajari. Jadi, jika tidak bisa menulis ya belajarlah menulis.

Bagaimana jika sepertinya belajar menulis itu berat, susah, tidak mungkin bisa seperti orang-orang yang bisa menulis. Ada beberapa cara:

  • Kamu bisa mulai dengan saltem (salin-tempel) tulisan orang lain, tentunya dengan menyebutkan sumber tulisan. Tapi hanya mengandalkan tulisan orang lain tak akan membuat blogmu ramai.
  • Kamu bisa membeli tulisan orang lain. Ada banyak penyedia jasa tulisan, kamu bisa membelinya dengan harga murah mulai 5-7 ribu rupiah per artikel isi 200 kata. Ketik saja di Google: “Jasa penulisan artikel online”, maka akan ada banyak sekali orang yang siap membantu kamu.

Cara apa pun yang kamu tempuh, usahakan kamu membaca dan memahami setiap artikel yang dimuat di blogmu. Taruhannya adalah reputasimu di depan calon pembeli, bukan?

Keterampilan Selain Menulis

Blogging is about writing, tapi bukan all about writing. Selain menulis, ada beberapa keterampilan lain yang diperlukan untuk mendukung sukses blog, meskipun tidak mutlak dan bisa dipelajari sambil jalan.

  • Dalam membuat blog, kamu akan banyak berurusan dengan komputer, internet, program aplikasi tertentu, dll. Berarti secara umum kamu harus terbiasa dengan komputer dan internet alias tidak gaptek. Kalau gaptek, kamu akan repot sendiri.
  • Dalam tulisan di blog sering ada gambar. Berarti kamu perlu juga bisa bikin gambar atau edit-edit gambar dan mengenal beberapa aplikasi untuk otak-atik gambar.
  • Dalam tulisan di blog kadang ada tabel. Berarti kamu perlu juga bisa bikin tabel.

Promosi Blog

Bagaimana dengan promosi blog? Promosi blog penting supaya blogmu dikunjungi orang dan tulisanmu dibaca orang. Minimal kamu harus aktif di media sosial besar seperti Facebook dan Twitter.

Pernahkah kamu membagikan (share) suatu berita atau informasi atau tulisan seseorang lewat facebook? Bagaimana rasanya jika tulisanmu sendiri yang dibagikan oleh orang-orang lain?

Tapi tulisan seperti apa yang akan dibagikan orang di medsos? Biasanya tulisan yang memiliki satu atau lebih ciri berikut: menarik, bermanfaat, inspiratif, aktual, atau kontroversial. Jadi, buatlah tulisan yang menarik, atau bermanfaat, atau inspiratif, atau aktual, atau kontroversial.

Blog untuk Belajar Blogging

Baru-baru ini saya diperkenalkan oleh seorang teman sesama agen asuransi, mas Tohirin, pemilik blog kabarasuransi.com, tentang sebuah blog yang sangat bagus untuk belajar ngeblog dan internet marketing. Sila berkunjung dan berselancar di panduanim.com. []

Pos ini dipublikasikan di Blog dan Penulisan, Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.