Asuransi Santunan Harian Itu Uang Receh, Jika Kejadiannya Penyakit Kritis

fraudAkhir-akhir ini produk asuransi santunan harian (cash plan) tengah menjadi sorotan di dunia asuransi karena patut diduga telah disalahgunakan oleh sejumlah nasabah untuk meraih keuntungan sesaat, yang sesungguhnya tidaklah besar-besar amat.

Baca juga: Produk Cash Plan Rawan Penipuan.

Apa itu asuransi santunan harian? Ialah asuransi yang memberikan uang tunai berdasarkan jumlah hari dirawat inap. Misalnya, nasabah memiliki asuransi yang memberikan santunan sebesar 1 juta per hari, lalu dia dirawat inap selama 5 hari, maka dia berhak mendapatkan uang 5 juta. Selain santunan untuk rawat inap, produk ini juga sering dilengkapi dengan santunan untuk pembedahan.

Produk asuransi santunan harian atau disebut juga cash plan, memiliki karakteristik bisa double claim dengan asuransi kesehatan lain yang dimiliki, dan cara klaimnya menggunakan sistem reimbursement (bayar dulu lalu ajukan klaim dengan melampirkan kuitansi legalisir dan resume medis).

Di Allianz, asuransi santunan harian tersedia sebagai rider pada produk Tapro Allisya Protection Plus dengan nama Flexicare Family.

Produk ini pada dasarnya berfungsi untuk menggantikan potensi penghasilan yang hilang karena tidak bekerja selama dirawat inap, dan juga sebagai pelengkap asuransi kesehatan cashless yang dimiliki, karena biaya sakit bukan hanya biaya medis, tapi juga biaya nonmedis seperti makan orang yang jaga, pulsa, dan transportasi.

Tapi sesungguhnya, asuransi santunan harian itu hanyalah uang receh, tak akan membantu problem keuangan anda jika kejadiannya adalah penyakit kritis.

Kenapa saya katakan asuransi santunan harian ini uang receh?

Uang 5 juta atau 10 juta mungkin bisa dibilang lumayan jika kejadian sakitnya hanyalah diare atau tiphus. Jika biaya perawatan anda sudah ditanggung oleh askes, bahkan anda akan untung karena sepulang dari RS malah mendapat sejumlah uang.

Tapi jika sakitnya lebih berat, produk ini tak akan membantu kecuali sedikit saja.

Contoh: ada orang kena kanker atau stroke dan membutuhkan biaya 1 miliar. Katakanlah dia dirawat dalam waktu yang cukup lama, misalnya 30 hari, dan santunan harian yang diambilnya cukup besar misalnya 1,5 juta per hari, maka dia hanya mendapatkan uang 45 juta.

Apakah uang 45 juta ini besar? Lumayan, tapi kebutuhan orang yang kena sakit kritis jauh lebih besar lagi. Selain biaya pengobatan, sakit kritis bisa mengakibatkan ketidakmampuan bekerja secara permanen.

Dalam kasus ini, dia membutuhkan asuransi yang lebih powerful, yaitu asuransi penyakit kritis. Ambillah uang pertanggungan yang cukup besar, minimal 1 miliar, untuk mengantisipasi kondisi terburuk dalam hidup semacam terkena penyakit kritis.

Jadi, jika anda menginginkan asuransi santunan harian, itu baik-baik saja asalkan anda sudah memiliki asuransi kesehatan cashless dan asuransi penyakit kritis.

Dan sekarang ini, mengingat ada problem terkait moral hazard (niat) yang cukup serius dengan sejumlah orang yang mengambil asuransi santunan harian, saya tidak akan melayani permintaan asuransi santunan harian jika orang itu belum memiliki asuransi kesehatan dan penyakit kritis dengan nilai proteksi yang memadai.

Kepada setiap orang yang menginginkan asuransi santunan harian, jika dia belum memiliki asuransi kesehatan cashless dan penyakit kritis, saya akan menawarkan untuk juga mengambil dua jenis asuransi yang lebih penting ini.

Contoh ilustrasi seperti tergambar di bawah:

Ilustrasi Flexi dan HSC dan CI.PNG

Seorang Goodman usia 30 tahun, menyetor premi 2,5 juta per bulan untuk produk Tapro Allisya Protection Plus. Manfaat proteksi yang dia peroleh:

  1. Santunan harian (Flexicare) sebesar 1 juta per hari plus ada untuk pembedahan sesuai kategorinya.
  2. Perlindungan dari 100 kondisi penyakit kritis (CI100) sebesar 1 miliar
  3. Rawat inap cashless (HSC+) plan kamar 1 juta
  4. Perlindungan meninggal dunia sebesar 200 juta. UP jiwa harus ada karena merupakan produk dasar dari Tapro.
Tabel Flexicare 10 unit

Tabel manfaat rider Flexicare 10 unit atau 1 juta per hari

Tabel Manfaat HSC 1000

Tabel manfaat rider HSC+ plan kamar 1 juta per hari

Dengan manfaat produk yang lengkap seperti ini, jika dia kena sakit diare dan harus dirawat selama 5 hari, maka dia bisa menggunakan kartu cashless dari rider HSC+ dan setelah itu bisa mengklaim santunan harian sejumlah 5 juta (5 x 1 juta per hari) dari rider Flexicare.

 

Jika dia kena kanker sehingga harus dirawat inap lebih lama, plus harus operasi dan kemoterapi, maka dia bisa mengandalkan kartu cashless dari HSC+, lalu mendapat santunan harian dari rider Flexicare, dan yang lebih besar adalah uang 1 miliar dari rider CI100.

Bayangkan jika dia terkena kanker tapi hanya memiliki produk santunan harian (Flexicare), maka dia akan mengalami kesulitan keuangan yang sangat berat.

Demikian. []

Untuk konsultasi asuransi secara GRATIS, hubungi saya:

Asep Sopyan (Business Partner ASN)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

Iklan

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Penyakit Kritis dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Asuransi Santunan Harian Itu Uang Receh, Jika Kejadiannya Penyakit Kritis

  1. Ping balik: Pernyataan Resmi Allianz tentang Peninjauan Ulang Klaim Nasabah | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  2. Ping balik: Cara Klaim Koordinasi Manfaat Asuransi Kesehatan | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  3. Ping balik: Lengkapi Asuransi Kesehatan yang Anda Miliki dengan Asuransi Penyakit Kritis | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  4. Ping balik: Lengkapi Asuransi Kesehatan Anda dengan Asuransi Penyakit Kritis | Tabungan Proteksi Allianz: Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  5. Ping balik: Asuransi Penyakit Kritis Melengkapi Asuransi Kesehatan yang Anda Miliki | ASURANSI JIWA, SAKIT KRITIS, DAN KESEHATAN

  6. Ping balik: Masa Tunggu pada Produk Tapro Allianz | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  7. Ping balik: Tanya Jawab tentang Asuransi Penyakit Kritis | Asuransi Jiwa dan Kesehatan Syariah

  8. Ping balik: Tanya Jawab tentang Asuransi Penyakit Kritis | PROTEKSI PENGHASILAN

  9. Ping balik: Tanya Jawab tentang Asuransi Penyakit Kritis – Allisya Protection Plus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s