Asuransi Kesehatan untuk Anak

Keluarga melindungi

– Mas, ada gak asuransi kesehatan untuk anak? Untuk anak saja, orangtuanya gak perlu ikut.

+ Ada. Anak sebagai tertanggung, orangtua (ayah/ibu) sebagai pemegang polis.

Mungkin di tempat lain, ada asuransi kesehatan yang hanya bisa diambil sekeluarga.

Di Allianz, ada 4 produk asuransi kesehatan dan semuanya bisa diambil oleh individu, termasuk anak tanpa harus menyertakan orangtuanya.

Keempat produk tersebut adalah:

  1. Allisya Care/Maxi Violet (asuransi kesehatan murni, inner limit)
  2. Smartmed Premier (asuransi kesehatan murni, sesuai tagihan)
  3. Rider HSC+ (asuransi kesehatan rider unitlink, inner limit)
  4. Rider HSC Premier X (asuransi kesehatan rider unitlink, sesuai tagihan)

Allisya Care dan Maxi Violet adalah produk dengan manfaat kembar, bedanya Allisya Care menggunakan akad syariah sedangkan Maxi Violet konvensional. Keduanya tergolong asuransi kesehatan murni tanpa investasi (bukan unitlink), dan berdiri sendiri (stand alone). Dari segi manfaat, keduanya memiliki inner limit, artinya ada batasan untuk tiap manfaat seperti untuk kunjungan dokter, pembedahan, obat, dan lain-lain. Usia masuk minimal 15 hari.

Kebalikan dari inner limit adalah sesuai tagihan (as charged), dan ini ada pada produk nomor dua yaitu Smartmed Premier. Limit tetap ada tapi hanya limit tahunan, dan besarnya 6 miliar setahun. Artinya, selama biaya perawatan masih di bawah 6 miliar, maka tidak perlu nombok, dengan syarat masuk kamar yang sesuai plan. Smartmed Premier tergolong asuransi kesehatan murni tanpa investasi dan berdiri sendiri. Usia masuk minimal 15 hari.

Rider HSC+ memiliki manfaat yang hampir sama dengan Allisya Care dan Maxi Violet, jadi tergolong askes dengan inner limit. Bedanya HSC+ memiliki tambahan manfaat untuk perawatan kanker, dialisis, dan fisioterapi. Rider HSC+ merupakan manfaat tambahan dari unitlink Tapro (Allisya Protection Plus untuk yang syariah dan Smartlink Flexi Account Plus untuk yang nonsyariah). Usia masuk mulai 30 hari.

Rider HSC Premier X merupakan yang terbaik di antara produk lainnya, menanggung sesuai tagihan, dengan limit tahunan yang dibedakan berdasarkan plan. Plan HSCPX didasarkan pada jumlah tempat tidur dan wilayah pertanggungan. Ada yang 1 tempat tidur (privat) dan 2 tempat tidur (semi-privat). Ada yang Indonesia saja, Asia, dan seluruh dunia. Ini yang membedakan HSCPX dengan Smartmed Premier, meski sama-sama sesuai tagihan, tapi plan Smartmed Premier didasarkan pada harga kamar. Usia masuk Rider HSCPX mulai 30 hari.

Untuk semua produk, dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah akta lahir anak dan KTP orangtua (ayah atau ibunya). Jika akta lahir belum ada, bisa diganti dengan Surat Keterangan Lahir dari RS atau Puskesmas/bidan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang manfaat dan premi dari tiap produk. Yang disajikan hanya rawat inap, karena inilah manfaat yang disarankan.

1. Allisya Care/Maxi Violet

Tabel Manfaat Rawat Inap

Allisya Care dan Maxi Violet terdiri dari 8 plan, mulai plan A (kamar 100 ribu) sd H (kamar 1 juta).

Tabel Premi Rawat Inap

Premi untuk tiap plan sesuai usia dan jenis kelamin dapat dilihat di bawah ini. Yang pertama tabel premi Allisya Care, dan di bawahnya tabel premi Maxi Violet. Meski manfaatnya sama, preminya beda sekitar 5% di mana Maxi Violet lebih tinggi. Tapi Maxi Violet memiliki no-claim bonus yang dijamin sebesar 20% yang memotong premi perpanjangan, sedangkan Allisya Care no-claim bonusnya tidak dijamin besarnya, karena tergantung surplus klaim.

Tabel Premi Allisya Care (Rawat Inap)
Tabel premi Maxi Violet (Rawat inap)

Premi untuk anak sama mulai usia 0 tahun sd 15 tahun, dan baru naik di usia 16 tahun sd 25 tahun.

Sebagai contoh, jika anak usia 5 tahun mengambil plan E (kamar 500 ribu), untuk Allisya Care preminya 2,245 juta setahun dan Maxi Violet preminya 2,360 juta setahun, ditambah administrasi 36 ribu.

Selengkapnya tentang Allisya Care, bisa dibaca di “Allisya Care“.

Tentang Maxi Violet, bisa dibaca di “Maxi Violet“.

Perbedaan keduanya bisa dibaca di “Perbedaan Alisya Care dengan Maxi Violet“.

2. Smartmed Premier

Tabel Manfaat Rawat Inap

Smartmed Premier terdiri dari 10 plan, mulai plan A (kamar 500 ribu per hari) sampai plan J (kamar 6 juta per hari). Sesuai tagihan berlaku jika tertanggung menempati kamar dengan harga sesuai plan yang diambil (sama atau lebih murah). Jika menempati kamar dengan harga di atas plan, maka dikenakan inner limit. Dalam hal ini jadi tak beda dengan Allisya Care atau rider HSC+. Jadi, untuk memaksimalkan manfaat, gunakanlah kamar di rumah sakit yang sesuai dengan plan yang anda ambil.

Tabel Premi Rawat Inap

Seperti tampak pada tabel di atas, usia anak mulai 0 sd 18 tahun preminya tetap dan baru berubah (turun) pada usia di atasnya 19 sd 30 tahun.

Selengkapnya tentang Smartmed Premier bisa dibaca di “Smartmed Premier“.

3. Rider HSC+ pada produk Tapro

Tabel Manfaat Rawat Inap

Rider HSC+ terdiri dari 12 plan, mulai plan kamar 100 ribu sd plan kamar 3 juta. Tapi di sini hanya disajikan plan kamar sd 1 juta, karena untuk plan di atasnya lebih baik anda memilih produk rider HSC Premier X, seperti akan dijelaskan setelah ini.

Tabel manfaat rider HSC+ hampir sama dengan tabel rawat inap Allisya Care dan Maxi Violet, tapi ada tambahan untuk perawatan kanker, cuci darah, dan fisioterapi.

Tabel Premi Rider HSC+

Dengan UP minimal (20 juta), tanpa rider lain, dan investasi diminimalkan, berikut adalah premi Rider HSC+ dari plan 200 sd plan 1 juta.

Premi rider HSC+ untuk anak dengan plan 1 juta ke bawah ini preminya masih di bawah 1 juta per bulan.

Plan 100 sengaja tidak saya tampilkan karena rasanya sekarang ini sudah tidak ada lagi kamar di rumah sakit yang harganya 100 ribu per hari. Sedangkan di atas plan 1 juta, ada pilihan yang lebih menarik yaitu rider HSC Premier X, seperti akan dijelaskan di bawah.

Selengkapnya tentang rider HSC+ bisa dibaca di SINI.

4. Rider HSC Premier X

Pilihan Plan Rider HSCPX

Rider HSC Premier X terdiri dari 9 plan, yang dibedakan berdasarkan wilayah pertanggungan, jumlah tempat tidur, dan limit.

Secara garis besar dapat dilihat di bawah ini:

Tabel Premi Rider HSC Premier X

Dengan meminimalkan UP jiwa, tanpa ada rider lain, dan investasi kecil, berikut adalah tabel premi rider HSCPX berdasarkan plan, usia, dan jenis kelamin.

Untuk anda yang cukup berobat di Indonesia, pilihan terbaik ada pada plan Classic. Kelas kamar VIP, sesuai tagihan, limit 2 miliar setahun + limit seumur hidup 8 miliar. Preminya di bawah 1 juta per bulan untuk usia anak.

Untuk anda yang ingin bisa berobat di luar negeri, tersedia pilihan plan di atasnya, baik yang 1 bed ataupun yang 2 bed.

Selengkapnya tentang rider HSCPX, bisa dibaca di SINI.

Daftar Rumah Sakit Rekanan Allianz

Semua produk di atas dilengkapi fasilitas cashless, yang bisa dipakai sebagai pengganti deposit jika dirawat inap di rumah sakit. Daftar RS untuk tiap produk di atas adalah:

Untuk perawatan di luar RS rekanan, dan untuk perawatan yang bersifat rawat jalan (terkait dengan rawat inap atau karena kecelakaan), hanya berlaku dengan sistem reimburse. Form klaim reimburse bisa diunduh di SINI.

Pembuatan Ilustrasi

Tertarik untuk mengasuransikan kesehatan anak anda, atau anda sendiri? Silakan mengisi form berikut untuk mendapatkan ilustrasi:

Untuk konsultasi lebih lanjut, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Senior Business Partner ASN)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s