Poin Penting Apa Saja yang Harus Diingat dan Dipahami dalam Polis Asuransi

….pastikan kita selalu membaca polis asuransi yang kita miliki, dan apabila ada yang kurang dimengerti, segera tanyakan langsung kepada agen penjual maupun kepada customer service perusahaan asuransi tempat kita membeli produk asuransi tersebut….

Point Penting Polis Asuransi

Setelah kita membeli produk asuransi, kita pasti akan menerima polis asuransi. Namun tak sedikit dari kita saat menerima polis kemudian tidak membaca kembali polis tersebut. Biasanya karena buku polis yang cukup tebal lalu kita enggan membaca. Ada beberapa hal yang penting untuk kita pahami dalam buku polis, yaitu: Data Polis, Maslahat Asuransi, Pengecualian, dan Prosedur Pengajuan Klaim

Data Polis

Pada bagian data polis terdapat informasi mengenai nama Pemegang Polis, nama Tertanggung, jumlah premi, nama penerima manfaat / ahli waris serta jumlah uang pertanggungan yang akan diterima apabila terjadi risiko. Data Polis ini merupakan informasi dasar yang perlu kita cek dengan baik apakah sesuai dengan apa yang diminta seperti yang tercantum pada surat pengajuan asuransi jiwa dan proposal yang sudah ditandatangani sebelumnya.

Maslahat Asuransi

Pada pasal maslahat asuransi, tercantum ketentuan perihal jenis manfaat yang akan diterima apabila terjadi risiko. Pada polis dasar asuransi unit link, terdapat Maslahat Investasi, Maslahat Meninggal serta Maslahat Akhir Kontrak. Sedangkan pasal maslahat asuransi pada Pertanggungan Tambahan (rider) akan mencantumkan semua jenis manfaat yang akan diterima, tergantung rider yang diambil. Misalnya jika rider penyakit kritis, akan diicantumkan jenis-jenis penyakit kritis apa saja yang mendapatkan pertanggungan.

Apabila ingin mengetahui berapa besar uang pertanggungan untuk asuransi jiwa (pertanggungan dasar) dan masing-masing rider, bisa dilihat pada Data Polis.

Pengecualian

Pasal pengecualian ini penting untuk kita pelajari agar kita bisa mengetahui apa saja yang tidak termasuk dalam pertanggungan pada polis asuransi yang kita miliki. Misalnya kondisi apa yang tidak ditanggung asuransi, apakah ada masa tunggu untuk mendapatkan pertanggungan, apakah ada penyakit tertentu yang tidak ditanggung, dan juga penyebab meninggal dunia yang tidak ditanggung.

Persedur pengajuan klaim

Bagian yang perlu mendapat perhatian juga adalah pasal perihal prosedur pengajuan klaim termasuk persyaratannya. Pada pasal tersebut selain mencantumkan dokumen apa saja yang diperlukan saat mengajukan klaim, biasanya mencantumkan pula batas waktu pengajuan klaim. Dengan mempelajari dan memahami pasal ini, maka kita bisa mengetahui dengan pasti, apa saja dokumen yang harus kita siapkan, sehingga dapat mempercepat proses pembayaran klaim.

Maka, pastikan kita selalu membaca polis asuransi yang kita miliki, dan apabila ada yang kurang dimengerti, segera tanyakan langsung kepada agen penjual maupun kepada customer service perusahaan asuransi tempat kita membeli produk asuransi tersebut.

 

Sumber

Asuransi jiwa merupakan cara terbaik mempersiapkan tabungan warisan. Di Allianz, Anda dapat mempersiapkan dana warisan dengan asuransi jiwa Allianz, mulai dari premi setara 5000 rupiah per hari.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

HP/SMS/WA/Telegram : 085 777 999 526
HP/SMS : 0852 22 218 218
Email : anugrah.allisya@gmail.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Layanan Polis, Pengetahuan Asuransi dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s