Dengan Berasuransi, Kita Menolong Orang Setiap Hari

Data Klaim Allianz 2016

Tahun 2016, Allianz membayar klaim sebanyak 2,934 kasus (di luar klaim rawat inap dan produk korporat) dengan total nilai 439 miliar. Berarti setiap hari rata-rata ada sekitar 8 orang yang tertolong oleh asuransi Allianz dengan nilai 1,2 miliar. (Sumber: Materi training produk Allianz)

Hakikat asuransi adalah tolong-menolong di antara sesama peserta. Dengan berasuransi, kita menolong orang lain setiap hari. Sebagian dari premi yang kita bayarkan, digunakan untuk membantu orang yang mengalami musibah, entah itu kecelakaan, sakit, cacat, atau meninggal.

Memang ada bagian dari premi yang dialokasikan untuk keuntungan pihak lain, yaitu pihak perusahaan asuransi, meliputi para pemegang saham, para karyawan, dan para agen penjual. Tapi jika dengan keuntungan itu kegiatan tolong-menolong ini bisa tetap terlaksana, maka itu hal yang wajar.

Justru kami, para peserta atau nasabah, tidak ingin jika perusahaan asuransi kami mengalami kerugian. Perusahaan asuransi harus untung, supaya mereka bisa tetap beroperasi, dan supaya klaim kami bisa dibayar.

Kami justru tidak mau jika perusahaan asuransi yang kami ikuti bernasib seperti lembaga asuransi sosial milik pemerintah, yang harus menelan kerugian triliunan setiap tahun karena menerima para nasabah yang sudah sakit parah, mereka yang – tidak semua tentunya – ketika sehat mungkin tidak rela membayar premi sepeser pun.

Kami rela membayar premi ketika kami sehat. Kami ikhlas uang kami dipakai untuk membantu para peserta lain yang kena musibah. Kami sama sekali tak berharap uang itu kembali kepada kami.

Tapi kami pun tak mau berangkuh ria. Kami sadar diri ini makhluk yang lemah, rapuh, rentan terkena risiko. Kami sadar, diri kami tak kebal dari sakit, kecelakaan, cacat, meninggal. Kami sadar, jika kami terkena satu saja dari risiko-risiko itu, kami butuh uang. Atau keluarga kami butuh uang.

Maka itu, jika karena satu dan lain hal kami berhak menerima bantuan, maka biarkan kami menerimanya sesuai bagian yang menjadi hak kami.

Bukan kami tak percaya Tuhan. Justru sebaliknya, kami sangat percaya Tuhan. Tuhan pernah menyatakan bahwa Dia akan menolong siapa saja yang bersedia menolong saudaranya.

Dengan asuransi, kami bersedia menolong saudara-saudara kami dengan cara membayar premi secara berkala. Melalui asuransi, kami mewujudkan tolong-menolong dengan saudara-saudara kami, sesama manusia. []

 

Jika anda setuju untuk mewujudkan tolong-menolong melalui asuransi, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Senior Business Partner ASN)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Serpong Tangerang Selatan

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

Iklan

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s