Profesi Agen Asuransi Masih Akan Berjaya Hingga 20 Tahun ke Depan

Profesi Bankir akan hilang.PNGMenurut laporan terbaru Citi Group, sebagaimana dimuat di Okezone.Com, dikatakan bahwa 30% pekerjaan perbankan akan hilang akibat teknologi finansial (fintech).

Tapi hal itu tampaknya tidak akan terjadi pada pekerjaan agen asuransi, yang diperkirakan masih akan berjaya hingga 20 tahun ke depan. Jadi, para agen asuransi tidak usah khawatir. Di Jepang dan Singapura yang penduduknya hampir semua sudah punya asuransi saja profesi agen asuransi masih ada, apalagi kita di Indonesia.

Silakan dibaca laporan berikut dari Tribun Bisnis

Profesi agen asuransi masih berjaya 20th.PNGTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Tren teknologi informasi (TI) di bisnis asuransi tidak akan serta merta menggusur jalur distribusi keagenan yang telah berkontribusi hingga 60 persen terhadap premi industri asuransi jiwa. Kanal keagenan justru diyakini masih akan bertahan hingga 20 tahun ke depan.

Hal ini dikarenakan keputusan masyarakat untuk membeli produk asuransi jiwa masih business to business (B2B). Bahkan, jalur distribusi melalui bank mitra alias bancassurance sekalipun masih menempatkan tenaga pemasar. Selain itu, karakteristik produk asuransi jiwa itu sendiri yang jangka panjang.

Memang, tren TI di bisnis asuransi terus berkembang. Di industri asuransi jiwa, misalnya, seluruh pelaku usaha sudah memanfaatkan peran TI ini. Pemanfaatannya mulai dari membangun data warehouse untuk business inteligence, penerapan sistem pengambilan keputusan, hingga mengembangkan e-commerce.

“Namun, perlu diketahui, TI atau e-commerce ini baru digunakan oleh masyarakat berpendidikan tinggi. Jadi, saya kira, peranan agen itu sendiri di asuransi jiwa masih akan digunakan dalam 20 tahun ke depan,” ujar Hendrisman Rahim, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Selasa (17/3/2015).

Jangan heran, meski TI dan e-commerce terus dikembangkan, kanal keagenan belum ditinggalkan. Bahkan, industri asuransi jiwa sendiri menargetkan untuk menggandeng 500.000 agen hingga akhir tahun nanti. Akhir tahun lalu, jumlah agen industri asuransi jiwa mencapai 240.000 orang.

Kanal keagenan sendiri berkontribusi hingga 60 persen terhadap total premi yang dikantongi industri asuransi jiwa. Sisanya berasal dari jalur distribusi bancassurance. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, industri asuransi jiwa berhasil menghimpun premi sebesar Rp 270 triliun di sepanjang tahun lalu. (Christine Novita Nababan).

Bagaimana setelah 20 tahun? Ya, itu nantilah.

Ingin tahu tentang profesi agen asuransi? Salah satunya klik di artikel “Agen Asuransi, Profesi dengan Waktu Fleksibel dan Menawarkan Passive Income“.

Tertarik jadi agen asuransi? Klik “Cara Menjadi Agen Allianz“.

Kenapa Allianz? Karena Allianz adalah perusahaan asuransi terbesar di dunia, punya produk yang bagus, dan punya sistem bisnis paling adil. Baca di “Sistem Bisnis ASN“.

Bahkan tokoh besar sekaliber Mario Teguh saja gabung ke Allianz. Tentu beliau tidak asal pilih sembarangan.

Untuk konsultasi mengenai bisnis asuransi di Allianz Star Network, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Partner)

HP/WA 082111650732 | Email myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan

Anda pun dapat menghubungi BP (Business Partner) di tim saya:

  1. Yessi Dian Novita | HP/WA: 08129645333 | Email: yessidiannovita@gmail.com | Blog: proteksisyariah.com | Bogor.
  2. Anna Wijayanti | HP/WA: 0877 7507 1705 | Email: mytapro@gmail.com | Blog:mytapro.net | Bintaro.
  3. Pieter Djatmiko, HP/WA: 08119292466 | Email: pieter_dj_80@yahoo.com | www.asuransi-jiwa.org | Cengkareng
Iklan

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan
Pos ini dipublikasikan di Bisnis Asuransi dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s