Formula E : Selamat Datang Masa Depan Bersama Allianz

Menjadi mitra resmi Formula E juga sejalan dengan janji merek Allianz untuk memberikan kepada para pelanggan kepercayaan diri untuk berani melangkah, berani memilih dan sanggup untuk menghadapi ketidakpastian dalam kehidupan dan bisnis.

Sejak Februari 2017 sampai dengan tahun 2022, Allianz merupakan partner resmi kejuaraan dunia balap mobil Formula E. Formula E merupakan kejuaraan balap mobil dunia yang dikhususkan untuk mobil – mobil listrik berawak satu. Bisa dikata, Formula E mirip dengan Formula 1, hanya saja mobil – mobil Formula E didesain menggunakan listrik saja, yang bersumber dari tenaga baterai yang terpasang di mobil – mobil Formula E.

Formula E, bisa jadi masih terdengar asing, dan Formula 1 masihlah lebih terkenal dan masyarakat masih lebih akrab dengan terminologi dan nuansa Formula 1. Formula E memang masihlah baru dibandingkan dengan sejarah panjang Formula 1 yang sudah berusia puluhan tahun. Balapan pertama Formula E, dimulai di Beijing pada tanggal 13 September 2014.

Lantas bagaimanakah perbedaan dan perbandingan kedua kejuaraan balap mobil ini dalam segi kecepatan, peraturan, dan berbagai drama yang terjadi di dalamnya ? Silahkan simak terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Anggaran Balapan

Mobil Formula 1 merupakan mesin impian berharga jutaan dolar. Setiap tim di Formula 1 dapat mengembangkan mobilnya berdasarkan batasan – batasan yang ditetapkan oleh organisasi balap mobil dunia, FIA.

Sebagai contoh tim Mercedez yang telah memiliki mesin yang sangat bagus dengan chasis yang ramping secara aerodinamis, dan memiliki driver tangguh semacam Lewis Hamilton…maka tidak heran Mercedez sangat mendominasi keseluruhan kejuaraan F1, dan semua ini ujung – ujungnya adalah uang, anggaran.

Balap Formula E memiliki aturan tentang anggaran yang lebih ketat. Jika di F1 satu tim kecil setidaknya menghabiskan dana sekitar $44 juta dalam semusim, maka anggaran untuk Formula E secara resmi dibatasi hanya pada angka $3,5 juta.

Semua tim Formula E menggunakan chassis dan baterai yang sama, dengan kebebasan untuk mengembangkan mesin di sekitar area motor, inverter, dan gearbox.

Kecepatan mobil

Mobil F1 tercepat tercatat di balapan dengan kecepatan 362 km/jam di lintasan balap Meksiko. Sementara track balap Formula E tidaklah sepanjang F1. Satu – satunya tempat untuk membandingkan kecepatan mobil F1 dengan Formula E adalah di sirkuit Monaco, karena baik F1 dan Formula E menggunakan lintasan ini, meski jalurnya tidak sama persis.

Kecepatan mobil Formula E tertinggi dicatat di Monaco adalah 215-220 km/jam, sedangkan mobil F1 mampu melesat dengan kecepatan 280 km/jam di Monaco, sehingga mobil F1 masihlah lebih cepat daripada mobil Formula E.

Hari Balapan

Formula 1 grandprix di setiap negara diselenggarakan selama 3 hari, dengan sesi latihan dan kualifikasi dilakukan di Jum’at dan Sabtu, dan pada hari Minggu adalah hari balapan.

Formula E, melakukan 2 sesi latihan, kualifikasi, dan balapan pada hari yang sama, yaitu Sabtu. Dan balapan selalu dimulai pukul 4 sore waktu lokal.

Jumlah hari balapan yang berbeda ini juga mempengaruhi harga tiket masuk untuk penonton. Normalnya harga tiket terusan Formula E dipatok sekitar $18 – $93, sementara untuk F1, harga tiket terusan bisa dimulai dari harga $150, sampai dengan $3800.

Balapan di Jalanan Umum

Balap F1 umumnya di lintasan – lintasan balap khusus, yang terkenal misalnya sirkuit Monza di Italia, Silverstone di Inggris, Spa Belgia, dan sebagainya. Dan lintasan – lintasan balap khusus ini karena panjang lintasannya, tidak sesuai dengan balapan mobil listrik yang bertumpu pada kekuatan baterai.

Balap mobil Formula E selalu dilakukan di jalanan umum kota – kota besar dunia, dari Beijing sampai ke London. Balap di jalanan umum ini membuatnya lebih dekat dengan para penggemar. Penggemar balapan tidak perlu pergi puluhan kilometer dari pusat kota untuk pergi ke sirkuit seperti halnya balap F1.

Jumlah Balapan

Di 2017 terdapat 20 balapan F1 yang dijadwalkan dalam sepanjang tahun, Maret – November. Sedangkan Formula E edisi 2017 – 2018 akan diselenggarakan dalam 14 ePrix, Desember – Juli. Terdapat rencana untuk mengembangkan ePrix di Afrika dan Australia dalam tahun mendatang.

Peraturan dan Sistem Point

Pit stop di Formula E didesain hanya untuk pertukaran mobil, tidak mengganti ban seperti halnya di F1. Setiap mobil diisi baterainya dengan kekuatan baterai selama 30 menit, sehingga setiap driver harus melakukan pergantian mobil, karena lazimnya setiap ePrix berlangsung selama 50 menit.

Di F1, driver harus masuk pitstop untuk melakukan pertukaran ban. Mobil – mobil Formula E menggunakan ban 18 inch Michelin yang memiliki thread yang bisa digunakan untuk kondisi basah dan kering.

F1 dan Formula E memiliki sistem point yang sama. Dimana pemenang mendapatkan point 25, sampai dengan urutan ke-10 mendapatkan point terkecil, 1.

Formula E memberikan bonus 3 point kepada pole position, dan tambahan ekstra 2 point diberikan kepada pembalap yang mencatatkan waktu 1 lap tercepat selama balapan.

Di Formula E, para penggemar diberikan kesempatan untuk ikut dalam voting pembalap favorit yang diselenggarakan di berbagai media sosial dan web resmi kejuaraan. Voting dibuka 2 minggu sebelum balapan sampai dengan 6 menit sejak balapan utama dimulai. Pembalap pemenang voting akan menerima hadiah berupa energi sebesar 100Kjoules yang dapat dipergunakan untuk modal balapan.

Allianz memutuskan untuk menjadi mitra resmi Formula E karena Formula E memiliki kesamaan nilai – nilai inti Allianz, yaitu integritas, ketahanan, dan kompetensi. Menjadi mitra resmi Formula E juga sejalan dengan janji merek Allianz untuk memberikan kepada para pelanggan kepercayaan diri untuk berani melangkah, berani memilih dan sanggup untuk menghadapi ketidakpastian dalam kehidupan dan bisnis.

Selamat datang Formula E….selamat datang ke masa depan bersama Allianz.

Asuransi jiwa merupakan cara terbaik mempersiapkan tabungan warisan. Di Allianz, Anda dapat mempersiapkan dana warisan dengan asuransi jiwa Allianz, mulai dari premi setara 5000 rupiah per hari.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

HP/SMS/WA/Telegram : 085 777 999 526
HP/SMS : 0852 22 218 218
Email : anugrah.allisya@gmail.com

Sumber

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita Allianz dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s