2 Kriteria Suatu Risiko Membutuhkan Asuransi

RSCM kriteriaHidup manusia tak pernah lepas dari risiko. Risiko hidup menimbulkan dampak ekonomi pada keuangan kita, atau dengan kata lain membutuhkan biaya.

Ada beberapa cara menghadapi dampak risiko, tergantung karakteristik dari risiko tersebut. Ada risiko yang ringan, dan ada risiko yang berat dampak keuangannya.

Risiko yang ringan tentunya dapat dihadapi sendiri tanpa memerlukan bantuan pihak lain. Tetapi risiko yang berat atau sangat berat umumnya tidak bisa dihadapi sendiri oleh kebanyakan orang. Jadi perlu bantuan pihak lain, salah satunya lembaga asuransi.

Tetapi tidak setiap risiko yang berat perlu dihadapi dengan asuransi. Ada risiko yang waktunya dapat diketahui, dan ada risiko yang waktunya tidak dapat diketahui. Untuk risiko yang waktunya dapat diketahui, cara paling tepat adalah melalui investasi. Contohnya untuk pendidikan anak, perjalanan ibadah, dan pensiun.

Sedangkan asuransi hanya cocok untuk risiko yang waktunya tidak dapat diketahui. Tidak dapat diketahui artinya risiko tersebut bisa terjadi kapan saja, mungkin masih lama mungkin sebentar lagi, mungkin bertahun-tahun kemudian mungkin juga esok hari.

Asuransi memungkinkan kita untuk mempersiapkan dana dalam waktu cepat. Begitu pengajuan asuransi disetujui, dana telah tersedia. Tentunya ada syarat dan ketentuan berlaku, tapi tetap saja jauh lebih cepat dibanding mengumpulkan sendiri.

Sebagai gambaran, dengan premi 1 juta per bulan, seorang pria usia 30 tahun bisa mendapatkan asuransi senilai 1 miliar jika terkena sakit kritis dan 1 miliar lagi jika meninggal dunia. Untuk risiko meninggal dunia, perlindungan berlaku sejak polis disetujui. Dengan kata lain, walaupun dia baru bayar sekali 1 juta, lalu meninggal dunia, ahli warisnya tetap bisa mendapatkan 1 miliar. Sedangkan untuk risiko sakit kritis, ada masa tunggu 90 hari dari tanggal polis disetujui, alias 3 bulan. Jadi, jika dia baru bayar 3 kali alias 3 juta, dan telah melewati 90 hari, lalu mengalami salah satu penyakit kritis, maka dia mendapatkan dana 1 miliar.

Ini tentunya jauh jauh jauh lebih singkat daripada mengumpulkan dana sendiri, karena uang 1 juta per bulan untuk jadi 1 miliar itu butuh waktu seribu bulan, dan untuk jadi 2 miliar butuh waktu 2 ribu bulan alias 167 tahun. Sangat lama sekali.

Dengan demikian, ada dua kriteria suatu kejadian memerlukan asuransi.

  1. Menimbulkan dampak keuangan yang berat.
  2. Waktu kejadiannya tidak dapat diketahui.

Jika dampak keuangannya ringan, maka bisa ditanggung sendiri tanpa perlu asuransi. Contohnya, sakit ringan seperti batuk pilek, di mana dengan obat warung pun jadi.

Jika waktunya dapat diketahui, maka solusinya adalah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari dengan cara investasi. Misalnya, anak umur 1 tahun, akan sekolah TK umur 5 tahun, maka orangtua punya waktu sekitar 4 tahun untuk mempersiapkan dana uang pangkal masuk TK. Jika uang pangkal diperkirakan sebesar 10 juta, maka dana yang dikumpulkan adalah 2,5 juta per tahun atau sekitar 200 ribuan per bulan. Itu baru untuk TK. Untuk masuk SD, SMP, SMA, dan PT tentu perlu dipersiapkan juga. Dan itu baru untuk satu anak. Anak kedua dan anak ketiga, jika ada, tentu perlu dibuatkan tabungan rencananya sendiri. Itu jika ingin bersiap-siap sejak jauh-jauh hari.

Risiko apa saja yang memenuhi dua kriteria di atas?

RSCM DampakAda 4 risiko, yaitu Rawat inap, Sakit kritis, Cacat tetap, dan Meninggal dunia. Disingkat R-S-C-M. Selengkapnya tentang RSCM bisa dibaca di artikel “RSCM, 4 Risiko yang Membutuhkan Asuransi”.

Demikian. []

Untuk konsultasi mengenai asuransi dan produk-produk asuransi di Allianz, atau ingin menjadi agen Allianz, silakan menghubungi saya: 

Asep Sopyan (Senior Business Partner ASN)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Agen asuransi Allianz sejak November 2011

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

Iklan

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s