Pentingnya Menjadi Wirausaha bagi Milenial

Ilustrasi pentingnya berwirausaha bagi generasi muda

Milenial merupakan generasi menarik untuk disoroti. Perilaku, pola pikir, cara mengatur keuangan hingga etos kerja, menjadi haluan bagi perkembangan ekonomi dan bisnis dalam sebuah negara, termasuk Indonesia.

Populasi penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 255 juta jiwa pada tahun 2015, memiliki 33 persen penduduk yang di antaranya adalah generasi muda di rentang usia 15 – 34 tahun. Bahkan untuk daerah perkotaan, seperti DKI Jakarta, penduduk pada rentang usia tersebut mencapai lebih dari 40%. Mereka ini yang kemudian dikenal sebagai generasi milenial.

Menukil data BPS tahun 2016, dari jumlah angkatan kerja di Indonesia yang mencapai 160.369.800 jiwa, 40 persen di antaranya tergolong generasi milenial, yakni sebesar 62.570.920 jiwa. Angka tersebut merupakan terbanyak kedua setelah Generasi X yang mencapai 69.003.270 jiwa.

Dengan potensi yang sedemikian besar, wajar bila milenial merupakan potensi terbaik untuk dibimbing menjadi wirausaha cemerlang. Hal ini dikarenakan generasi milenial dapat menghasilkan kesejahteraan keuangan yang lebih besar di masa yang akan datang serta memberikan manfaat sebagai berikut.

Memupuk rasa percaya diri

Untuk merintis menjadi seorang wirausaha atau pengusaha di usia muda bukan perkara mudah. Namun, bagi Anda yang memiliki komitmen dan usaha yang gigih sejak muda, pada akhirnya akan meraih kesukseskan yang turut menumbuhkan kepercayaan diri Anda. Memupuk kepercayaan diri tak hanya penting diri sendiri, tetapi juga bagi usaha yang Anda bangun.

Bagi Anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, atau lulusan baru tidak perlu ragu untuk memulai usaha. Sebab, dengan berwirausaha, Anda akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan untuk menemukan jalan kesuksesan.

Memiliki banyak kesempatan dan belajar dari kegagalan

Bila Anda bekerja pada orang, kecil kemungkinan Anda mendapat kegagalan saat berkarir. Padahal, untuk menjadi seorang wirausaha besar dan sukses, dibutuhkan kegagalan untuk pembelajaran berbisnis agar Anda tidak mudah menyerah.

Dengan mengalami kegagalan usaha di usia belia, Anda justru memiliki lebih banyak peluang untuk mencoba berbagai hal. Bila Anda membiasakan hal tersebut, pada akhirnya Anda akan menemukan solusi atas setiap masalah bisnis yang dihadapi.

Memahami teknologi

Keuntungan lain dalam berwirausaha di usia muda adalah begitu dekat dengan teknologi terkini. Perkembangan teknologi yang kian pesat seperti sekarang ini, membuat para pelaku wirausaha dapat mendapatkan kemudahan dari segi akses internet sebagai media pemasaran, promosi, atau berbisnis. Bahkan, wirausaha dengan memanfaatkan bisnis daring semakin jamak dilakukan, seperti membuka toko daring, menjual jasa SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing), freelance writer, dan masih banyak lagi.

Mampu mengenal pasar anak muda dengan lebih baik

Di usia yang relatif muda, tentunya dapat memahami selera pasar seusia. Milenial dengan baik mengenal selera anak muda, serta memahami apa yang sedang menjadi tren, atau yang akan menjadi trendsetter. Jadi, tidak perlu menunggu cukup umur untuk membangun bisnis baru bila milenial mampu menjadi wirausaha sukses.

Untuk menapaki jalan sukses menjadi wirausaha tersohor, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan para milenial dengan cara mengubah diri sendiri maupun orang disekitar secara keuangan dengan menjadi agen dalam program Life Changer.

Life Changer merupakan program untuk mendorong generasi milenial Indonesia untuk menjadi entrepreneurs (wirausaha). Allianz ingin memberikan edukasi bahwa perlindungan asuransi maupun perencanaan keuangan yang baik merupakan bagian penting dalam upaya mengubah diri sendiri maupun orang lain (secara finansial).

Life Changer

Life Changer Allianz

Melalui program ini, Allianz ingin memberikan kesempatan bagi milenial untuk mewujudkan aspirasinya, yakni membangun bisnis dengan membuat target dan tujuan hidup yang jelas, kebebasan keuangan atau financial freedom, menjadi smart financial planner, dan mampu mengelola keuangan secara independen.

Tak sekadar membawa keuntungan bagi diri sendiri, Life Changer juga memberikan manfaat bagi orang lain. Dengan menjadi agen yang tergabung dalam Life Changer, mereka telah memulai langkah menjadi seorang wirausaha. Dimana semakin banyak merekrut agen lain, maka pendapatan semakin meningkat, dan menjadi supervisi serta panutan untuk membantu orang mengelola keuangan dengan baik.

Dengan sistem edukasi seputar asuransi, agen Life Changer mulai dapat merencanakan kepemilikan rumah, memenuhi keinginan memiliki kendaraan pribadi, serta rencana membangun rumah tangga. Bagi Anda yang ingin mendapatkan wawasan lebih seputar program Life Changer, silakan mengunjungi situs myallisya.com.

“Sukses sendiri? Biasa. Sukses bersama baru luar biasa.” Sabina Jacintha, Allianz Life Changer. (Sumber artikel: beritagar.id

Tertarik menjadi Allianz Life Changer?

Silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Senior Business Partner ASN)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Agen asuransi Allianz sejak November 2011

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

Iklan bisnis

Iklan

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
Pos ini dipublikasikan di Bisnis Asuransi dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s