3 Produk Asuransi Kesehatan Murni Non Unit-link dari Allianz (Allisya Care, Maxi Violet, Smartmed Premier)

UGD 24 Jam 2Banyak orang yang bertanya, apakah di Allianz ada produk asuransi kesehatan yang bukan unit-link? Tentunya ada, bahkan bukan hanya satu tapi Allianz menyediakan tiga produk sekaligus.

Adanya pertanyaan semacam ini menunjukkan bahwa sekarang ini kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya asuransi semakin meningkat. Mereka pun semakin sadar untuk memisahkan asuransi dengan investasi. Mereka menginginkan asuransi yang murni, bukan unit-link.

Di Allianz, terdapat tiga produk asuransi kesehatan murni yang bukan unit-link, berdiri sendiri (stand-alone), tidak dicampur dengan investasi ataupun tabungan, tidak ada pengembalian premi, atau dengan kata lain, preminya hangus. Tentunya ini tak masalah bagi orang yang sudah menyadari bahwa asuransi itu proteksi, proteksi itu biaya, dan biaya itu hangus.

Ketiga produk tersebut adalah:

  1. Allisya Care
  2. Maxi Violet
  3. Smartmed Premier

Allisya Care dan Maxi Violet memiliki manfaat yang sama persis, dan keduanya adalah asuransi kesehatan dengan inner limit, artinya ada limit atau batasan untuk kamar, dokter, obat, bedah, dan lain-lainnya. Bedanya, Allisya Care menggunakan akad syariah, Maxi Violet konvensional.

Sedangkan Smartmed Premier adalah asuransi kesehatan as charged atau sesuai tagihan dengan limit 6 miliar setahun, dengan syarat menempati kamar sesuai plan yang diambil. Jadi, berapa pun tagihan rumah sakit, selama menempati kamar sesuai plan dan total biayanya tidak lebih dari 6 miliar, Allianz akan tanggung penuh.

Ketiga produk bisa menyertakan anggota keluarga dalam satu polis. Preminya tetap masing-masing sesuai usia dan jenis kelamin, dijumlahkan, lalu mendapat diskon 5%.

Buku polisnya satu, tapi tiap peserta akan mendapatkan masing-masing satu kartu cashless yang bisa digunakan sebagai pengganti deposit jika dirawat di rumah sakit jaringan Allianz.

Di luar RS jaringan, klaim bisa dilakukan secara reimburse (bayar dulu, lalu ajukan klaim). Klaim secara reimburse bisa dilakukan melalui aplikasi Allianz Eazy Claim dari ponsel iOS ataupun android, sehingga berkas klaim bisa cepat sampai di Allianz dalam hitungan detik.

Persamaan dan Perbedaan 

Selengkapnya perbedaan dan persamaan ketiga produk dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Keterangan Allisya Care Maxi Violet Smartmed Premier
Jenis produk Asuransi murni tanpa investasi Asuransi murni tanpa investasi Asuransi murni tanpa investasi
Akad Syariah Konvensional Konvensional
Kontrak dan garansi perpanjangan Tahunan, bergaransi perpanjangan Tahunan, bergaransi perpanjangan Tahunan, tidak bergaransi perpanjangan
Periode pembayaran premi Tahunan Tahunan Tahunan, semesteran
Cara pembayaran premi Transfer, kartu kredit Transfer, kartu kredit Tahunan: transfer, kartu kredit.

Semesteran: hanya kartu kredit.

Cara klaim Cashless dan reimburse Cashless dan reimburse Cashless dan reimburse
Manfaat dasar Rawat inap Rawat inap Rawat inap
Manfaat tambahan (rider), dengan tambahan premi Rawat jalan, Rawat gigi, Persalinan, Santunan harian Rawat jalan, Rawat gigi, Persalinan, Santunan harian Rawat jalan & gigi, Persalinan
Limit manfaat (kamar, dokter, obat, bedah, dll) Ada inner limit Ada inner limit Sesuai tagihan (as charged)
Limit tahunan Tidak ada Tidak ada 6 miliar
Usia masuk minimal 15 hari 15 hari 15 hari
Usia masuk maksimal 60 tahun 60 tahun 75 tahun
Masa perlindungan Sd usia 70 tahun Sd usia 70 tahun Sd usia 80 tahun
Plan kamar rawat inap Kamar 100rb sd 1jt Kamar 100rb sd 1jt Kamar 500rb sd 6jt
No-claim bonus Bisa ada bisa tidak, Tergantung surplus klaim Ada, 20% memotong premi perpanjangan Tidak ada
Diskon keluarga Ada, 5% Ada, 5% Ada, 5%
Diskon jika ambil Tapro Ada, 10% Ada, 10% Tidak ada
Cakupan fasilitas cashless Admedika di Indonesia Admedika di Indonesia Admedika di Indonesia dan bbrp negara luar
Masa tunggu berdasarkan sebabnya – Kecelakaan: tanpa masa tunggu

– Sakit biasa: tanpa masa tunggu

– Sakit khusus: 12 bulan

– Preexisting: dikecualikan

– Kecelakaan: tanpa masa tunggu

– Sakit biasa: tanpa masa tunggu

– Sakit khusus: 12 bulan

– Preexisting: dikecualikan

– Kecelakaan: tanpa masa tunggu

– Sakit biasa: 30 hari

– Sakit khusus: 12 bulan

– Preexisting: 24 bulan

Evakuasi medis darurat Termasuk Termasuk Termasuk
Manfaat kemoterapi dan cuci darah Tidak ada Tidak ada Ada
       

Demikian ringkasan tiga produk. Selanjutnya penjelasan tiap produk.

1. Allisya Care

Allisya Care adalah asuransi kesehatan murni tanpa investasi, berdiri sendiri (stand-alone), dengan akad sesuai syariah. Allisya Care memberikan manfaat rawat inap yang lengkap meliputi kamar, ICU, konsultasi dokter umum dan spesialis, obat-obatan, pembedahan, sebelum dan sesudah rawat inap, ambulans, rawat jalan dan gigi darurat karena kecelakaan, dan sedikit manfaat kematian.

Skema klaimnya bersifat indemnity, yaitu memberikan penggantian biaya rumah sakit dengan batas sesuai plafon yang diberikan dalam tabel manfaat.

Kontrak Allisya Care berjangka tahunan dan dapat diperpanjang tiap tahun sampai usia 70 tahun. Preminya tergantung usia dan jenis kelamin, naik per lima tahun sesuai tabel premi.

Premi Allisya Care hanya bisa tahunan, tidak menyediakan cara bayar selain tahunan.

Alisya Care dapat diambil untuk satu orang, dapat juga menyertakan anggota keluarga dalam satu polis.

Manfaat rawat inap yang ditanggung Allisya Care dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel Manfaat Allisya Care (Rawat Inap)

Tabel Manfaat Allisya Care (Rawat Inap)

Sedangkan tabel preminya bisa dilihat di bawah ini:

Tabel Premi Allisya Care

Tabel premi Allisya Care untuk manfaat Rawat Inap (Tahunan)

Sebagai contoh, jika seorang wanita usia 32 tahun mengambil paket rawat inap plan D, dia cukup membayar premi 2.046.000 setahun, ditambah administrasi dan meterai 36 ribu, total 2.082.000 setahun.

Jika pesertanya sekeluarga, maka preminya dihitung per orang sesuai usianya, lalu ditambahkan dan dipotong diskon keluarga 5%. Misalnya ada 4 peserta dan mereka ambil plan E (kamar 500rb), maka:

  1. Suami usia 35 tahun. Premi 2.516.000
  2. Istri usia 33 tahun. Premi 2.812.000
  3. Anak pertama perempuan usia 7 tahun. Premi 2.245.000
  4. Anak kedua laki-laki usia 5 tahun. Premi 2.245.000

Total premi untuk 4 orang: 9.818.000.

Dipotong diskon keluarga 5% (490.900): 9.327.100

Ditambah admin dan meterai 36.000, maka premi yang harus dibayar adalah 9.363.100 setahun.

Jika salah satu peserta memiliki produk Tapro Allisya Protection Plus, maka premi Allisya Care mendapat diskon lagi 10%.

Premi Allisya Care hanya bisa tahunan, tidak bisa bulanan, atau triwulanan, atau semesteran.

Selengkapnya mengenai Allisya Care, silakan dibaca di SINI.

Tertarik dengan Allisya Care atau ingin mendapat ilustrasi produknya? Silakan hubungi saya di HP/WA 082111650732, email myallisya@gmail.com (Asep Sopyan).

2. Maxi Violet

Maxi Violet adalah kembaran Allisya Care. Rincian manfaat dan ketentuan umum lainnya sama persis, jadi tidak akan saya uraikan lagi di sini.

Bedanya, Allisya Care menggunakan akad syariah, Maxi Violet konvensional. Premi Allisya Care lebih murah sekitar 5% daripada Maxi Violet. Tapi Maxi Violet memiliki fitur no-claim bonus sebesar 20% yang memotong premi perpanjangan. Allisya Care juga memiliki fitur no-claim bonus, tapi besarnya tergantung surplus underwriting (tidak dijamin).

Premi Maxi Violet bisa dibayarkan secara tahunan, semesteran, triwulanan, dan bulanan. Tapi cara bayar premi selain tahunan lebih mahal dan hanya bisa menggunakan kartu kredit. Selain itu, cara bayar selain tahunan hanya bisa reimburse untuk klaimnya, tidak bisa cashless. Jadi yang disarankan hanya tahunan.

Selengkapnya perbedaan Allisya Care dan Maxi Violet bisa dibaca di SINI.

Berikut adalah tabel premi Maxi Violet untuk manfaat rawat inap.

Tabel Premi Maxi Violet

Tabel premi Maxi Violet manfaat Rawat inap (tahunan)

Tertarik dengan Maxi Violet atau ingin mendapat ilustrasi produknya? Silakan hubungi saya di HP/WA 082111650732, email myallisya@gmail.com (Asep Sopyan).

3. SmartMed Premier

Seperti halnya Allisya Care dan Maxi Violet, SmartMed Premier juga merupakan produk asuransi kesehatan murni tanpa investasi dan berdiri sendiri (stand-alone). Manfaatnya lebih lengkap daripada Allisya Care dan Maxi Violet. Selain yang sudah disebutkan, juga dilengkapi manfaat kemoterapi, cuci darah, dan HIV/Aids.

Satu hal yang paling membedakan dari produk askes Allianz lainnya, SmartMed Premier membayar klaim rumah sakit SESUAI TAGIHAN dengan limit 6 miliar setahun. Artinya, berapa pun tagihan biaya rumah sakit, selama tidak melebihi 6 miliar, akan ditanggung seluruhnya oleh Allianz. Ketentuan untuk bisa sesuai tagihan adalah nasabah harus menempati kamar sesuai plan yang diambil. Misal, ambil plan A (kamar 500 ribu per hari), maka semua biaya pengobatan akan diganti penuh asalkan nasabah menempati kamar yang harganya 500 ribu per hari atau di bawahnya.

Keistimewaan SmartMed Premier yang lainnya adalah menyediakan fasilitas cashless untuk perawatan di luar negeri, saat ini yaitu di Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, dan China.

Seperti halnya Allisya Care dan Maxi Violet, SmartMed Premier bisa diambil untuk satu orang, dan bisa juga menyertakan anggota keluarga dalam satu polis.

Premi Smartmed Premier bisa tahunan, semesteran, triwulanan, dan bulanan. Premi semakin mahal untuk cara bayar dicicil. Cara bayar selain tahunan hanya bisa menggunakan kartu kredit. Mengenai sistem klaimnya, sistem cashless hanya berlaku untuk cara bayar tahunan dan semesteran, sedangkan cara bayar triwulanan dan bulanan hanya bisa reimburse.

Rincian manfaat SmartMed Premier bisa dilihat pada tabel berikut:

Tabel Manfaat SmartMed Premier

Tabel Manfaat Smartmed Premier untuk manfaat Rawat Inap

Sedangkan preminya bisa dilihat di bawah ini:

Tabel Premi SmartMed Premier

Tabel Premi SmartMed Premier manfaat Rawat Inap (tahunan).

Selengkapnya tentang SmartMed Premier bisa dibaca di SINI.

Tertarik dengan Smartmed Premier atau ingin mendapat ilustrasi produknya? Silakan hubungi saya di HP/WA 082111650732, email myallisya@gmail.com (Asep Sopyan).

Produk yang Direkomendasikan

Di antara tiga produk asuransi kesehatan di atas, mana yang paling direkomendasikan?

Jawabnya tergantung preferensi anda.

  • Jika anda menginginkan produk asuransi kesehatan yang syariah, pilihannya Allisya Care.
  • Jika anda menginginkan produk asuransi kesehatan yang murah, pilihannya Allisya Care. Tapi untuk premi lanjutan (tahun kedua dan seterusnya), bisa jadi Maxi Violet yang lebih murah karena ada no-claim bonus 20%.
  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan sesuai tagihan, pilihannya Smartmed Premier. Dari segi manfaat, Smartmed Premier adalah yang terbaik, tapi preminya juga paling tinggi.
  • Jika anda menginginkan asuransi kesehatan yang bayarnya bisa bulanan tapi klaimnya bisa cashless, pilihannya tidak ada di antara 3 produk di atas, tapi anda bisa memilih produk Tapro Allisya Protection Plus (unitlink) dengan menambahkan rider HSC+ (Hospital and Surgical Care Plus).

Form Permohonan Ilustrasi

Untuk mendapatkan ilustrasi dari produk asuransi kesehatan di atas, silakan mengisi form berikut ini:

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang produk asuransi kesehatan Allianz dan produk asuransi lainnya, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Senior Business Partner ASN)

HP/WA: 082111650732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Agen asuransi Allianz sejak 2011

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

 

Iklan

Tentang Asep Sopyan

Senior Business Partner ASN | HP/WA 082-111-650-732 | Email myallisya@gmail.com | Blog: myallisya.com dan asepsopyan.com | Tinggal di Tangerang Selatan | Menjadi agen asuransi Allianz sejak November 2011.
Pos ini dipublikasikan di Asuransi Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s