Cara Mengecek Saldo Investasi Unit-link

Ada 4 cara mengecek saldo atau nilai investasi unit-link.

  1. Pernyataan Transaksi

Pernyataan Transaksi atau laporan transaksi dikirimkan secara berkala (bulanan, kuartalan, semesteran, atau tahunan, tergantung cara bayar premi) ke email atau alamat rumah/kantor nasabah.

Pernyataan Transaksi secara garis besar memuat informasi premi yang disetor, potongan biaya yang dikenakan, dan saldo atau nilai investasi yang tersedia. Saldo investasi terletak di bagian paling bawah.

pernyataan-transaksi

Nilai yang tertera di kolom paling bawah belum tentu merupakan nilai investasi bersih yang bisa ditarik seluruhnya. Hal ini tergantung ketentuan pengenaan biaya dari produk unit-link yang anda ambil.

Misalnya di polis Tapro Allianz, nilai investasi di tiga tahun pertama belum bersih karena masih ada biaya terutang yaitu biaya asuransi (tabarru) tahun pertama. Ketentuan yang diberlakukan adalah biaya asuransi tahun pertama dipotong di tahun kedua (setengahnya) dan tahun ketiga (setengahnya lagi). Jika anda menarik dana di tiga tahun pertama, saldo anda akan dipotong biaya asuransi tahun pertama terlebih dahulu. Jika masih ada sisa, itulah yang akan anda terima. Tapi jika anda menarik dana selewat tahun ketiga, nilai investasi yang tertera di Pernyataan Transaksi sudah bersih tidak ada biaya terutang lagi.

Di unit-link lain, ketentuannya bisa berbeda. Bahkan pada unit-link yang mengenakan metode back-end loading (biaya akuisisi dikenakan di akhir), penarikan dana tahun-tahun awal (1 sd 8 tahun atau tergantung ketentuan) akan dikenakan penalti.

  1. Customer Online Portal

Sekarang ini banyak perusahaan asuransi menyediakan portal online yang bisa diakses nasabahnya untuk memantau nilai investasi, status polis, histori pembayaran, dan data-data lainnya. Portal online adalah cara paling praktis untuk mengetahui saldo investasi unit-link.

Di Allianz sendiri ada yang disebut Customer Online Portal (COP). Untuk pemakaian pertama, anda diminta untuk melakukan pendaftaran dengan mengisikan nomor polis, nama, tanggal lahir, nomor identitas, dan tanggal berlaku polis, serta membuat password sendiri. untuk pemakaian selanjutnya, anda bisa langsung mengisikan user id dan password.

Cara mendaftar COP bisa dibaca di SINI.

  1. Tanya ke Customer Service

Cara lain untuk mengetahui nilai investasi unit-link adalah dengan bertanya ke customer service perusahaan asuransi.

Customer Service Allianz Life Indonesia bisa dihubungi melalui telepon 021-29268888. Ikuti alurnya dan anda akan diminta menyebutkan nomor polis.

  1. Tanya ke Agen Asuransi Anda

Jangan lupakan agen asuransi anda. Zaman sekarang ini, agen asuransi dilengkapi dengan portal online yang berisi data-data nasabah, termasuk nilai investasi. Jika anda bertanya ke agen anda, dia akan membuka portal agen dan memeriksa nilai investasi polis anda.

Di Allianz, portal agen bisa diakses di allianz.co.id/asn/asn-login. Hanya agen Allianz yang bisa masuk ke dalamnya.

Demikian. []

 

Untuk konsultasi asuransi secara langsung, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Partner)

HP/WA: 082111650732

Email: myallisya@gmail.com

Atau dengan mengisi Form Permohonan Ilustrasi Asuransi Kesehatan (untuk Allisya Care, Maxi Violet, dan Smartmed Premier) atau Form Permohonan Ilustrasi Asuransi Jiwa (untuk rider HSC+ dan manfaat asuransi jiwa).

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda